Friday, July 10, 2009

Google menawarkan Google Chrome OS, Operating System berbasis Web untuk Netbook di 2010 – akankah sukses ?

Seminggu ini dunia persilatan digemparkan dengan munculnya berita bahwa Google akan merelease Operating System baru untuk Netbook yang bernama Google Chrome OS….. sometime tahun 2010 yang akan datang…

Sayangnya detail mengenai Google Chrome OS belum tersedia, sehingga kita juga belum tahu persis sebenarnya Google Chrome OS ini seperti apa, dan apa keunggulannya dibandingkan dengan operating system tradisional seperti Linux/Windows…

Jika seandainya Google Chrome OS ini jadi diluncurkan tahun depan, sepertinya akan ada beberapa tantangan yang harus dihadapi Google Chrome OS sebelum operating system ini bisa diadopsi secara meluas :

  • Faktor kemiripan cara kerja menggunakan operating system yang sudah ada sekarang. Kebanyakan pengguna komputer bukanlah ahli IT, dan belajar komputer merupakah hal yang cukup sulit bagi kebanyakan orang. Operating system baru yang cara kerjanya berbeda akan mempersulit adopsi.
  • Ketergantungan terhadap Internet. Google Chrome dirancang untuk orang-orang yang selalu terhubung melalui web, nah bagaimana jika kita gunakan Google Chrome OS ini di lingkungan yang tidak ada sambungan Internetnya ?
  • Ketersediaan aplikasi. Pengguna komputer pada umumnya tidak membeli komputer untuk bermain dengan Operating System, melainkan bekerja dengan aplikasi yang berjalan di atasnya. Nah aplikasi apa saja yang tersedia untuk Google Chrome OS ini ? Adakah aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk mendesain dan mencetak kartu undangan, mengedit foto2 perkawinan untuk usaha fotografi, merekam dan mengedit musik untuk usaha rekaman musik, usaha animasi untuk iklan, dan sebagainya ?
  • Kompatibilitas dengan perangkat. Pengguna komputer biasanya awam dan tidak mau repot memikirkan bagaimana memindahkan foto dari kamera ke komputer, bagaimana menghubungkan komputer ke internet melalui mobile phonenya, bagaimana menyambungkan printer, bagaimana menyambungkan LCD projector, bagaimana menyambungkan perangkat musiknya ke komputer dan sebagainya. Kompatibilitas dengan perangkat periferal sangat penting. Banyak orang yang bersedia membayar tenaga ahli, daripada harus mengoprek sendiri. Bagaimana kompatibilitas Google Chrome OS ini terhadap perangkat-perangkat yang ada ? Windows sendiri mengenal lebih dari 80 ribu perangkat plug and play, dan kadang-kadang juga masih mengalami masalah mengenali perangkat yang sudah terlalu tua
  • Kekuatan ekosistem. Hal ini mencerminkan banyaknya ketersediaan perangkat, merek, dan kekuatan marketing. Pada umumnya pengguna komputer awam tidaklah paham mengenai Operating System, yang mereka lakukan hanyalah pergi ke toko dan mencari merek tertentu atau yang tampilannya terlihat paling ok dengan harga yang cocok. Perangkat/merek apa saja yang akan didukung oleh Google Chrome OS ? Dan program-program marketing apa yang bisa diberikan Google untuk pembuat perangkat komputer (misalnya Zyrex, ION, dan vendor2 lokal Indonesia) ?
  • Kemudahan mendapatkan layanan purna jual. Pengguna awam bukanlah orang yang suka kutak-katik sendiri, jika ada masalah dengan komputer/aplikasinya, mereka ingin tinggal menelpon atau datang ke kantor pusat layanan komputer yang bersangkutan. Nah dukungan macam apa yang bisa diberikan Google untuk melayani komplain dan pertanyaan dari pelanggan ?

Terlepas dari semua itu, di tahun 2010 nanti orang akan memiliki banyak pilihan operating system untuk Netbook yang dibelinya : Microsoft Windows 7, Ubuntu Remix, Splashtop, ….., dan Google Chrome OS.

Silahkan pilih mana yang memenuhi kebutuhan anda :)

No comments: