Monday, December 8, 2008

Cara murah membuat Implementasi IT canggih menggunakan Layanan Online Microsoft

Jika anda ingin membuat sistem IT yang canggih tetapi tidak punya tempat untuk data center, silahkan pertimbangkan layanan Online dari Microsoft.

Solusi Hosted yang Dinamis

Layanan Online Microsoft mengkombinasikan antara aplikasi desktop yang kaya dengan keluwesan layanan internet. Para pengguna akan merasakan kenyamanan kerja seperti di desktop, tetapi bedanya sekarang aplikasi ini bisa dibuka secara virtual dari mana saja di muka bumi ini.

Aplikasi-aplikasinya meliputi aplikasi email, instant messaging, dan kolaborasi.

Software + Services

Pengguna dapat memilih untuk menjalankan aplikasi secara lokal ataupun secara online melalui server yang disediakan oleh Microsoft ataupun mitranya, atau kombinasi semuanya.

Cara ini sangat flexible karena bisa mengikuti perkembangan bisnis anda.

Mudah tanpa Batasan Resource

Layanan ini diberikan melalui data center besar di internet, sehingga sangat mudah untuk meningkatkan kemampuan di sisi pengguna tanpa keharusan untuk menambah resource internal di perusahaan anda.

Walaupun letaknya di internet, namun aturan perusahaan (policy) terhadap user tetap dapat diatur secara terpusat, berkat adanya sinkronisasi dengan Microsoft Active Directory yang ada di tempat anda. Dan semua ini dilakukan secara terpusat melalui panel administrasi yang tunggal.

 

image

Beberapa Keuntungan

  1. Dapatkan aplikasi produktivitas bisnis paling canggih saat ini, seperti email (business class), web conferencing, instant messaging, document collaboration, dan workflow. Semua aplikasi bisa bekerja secara transparan, dan juga bisa dibuat sesuai kebutuhan, atau dibeli sebagai satu solusi yang terintegrasi.
  2. Gampang digunakan : penggunaan aplikasi yang gampang (khas Microsoft) dan seragam di manapun, dapat diakses dengan aman tanpa menggunakan VPN, dan juga melalui perangkat genggam
  3. Disaster Recovery yang Aman dan Cepat : Penggunaan protocol internet yang aman (HTTPS/HTTP over SSL), arsitektur jaringan yang redundant, dan juga fasilitas Disaster Recovery Center yang otomatis, akan mengamankan semua data anda
  4. Sangat Fleksibel : Fasilitas online ini bisa diintegrasikan dengan aplikasi dan server yang ada di lokal, sehingga perusahaan dapat dengan mudah menggabungkan beberapa aplikasi internal dengan layanan di awan tadi. Di sini akan disediakan beberapa tool seperti Active Directory synchronization, sehingga kita bisa membuat skenario deployment online, on-premises, ataupun campuran yang disesuaikan oleh jenis layanan, tugas pekerjaan, atau geografis, supaya lebih memenuhi kebutuhan bisnis
  5. Cepat dan Gesit : Kemampuan IT dapat dengan mudah ditingkatkan dengan menambahkan beberapa layanan baru tanpa harus meningkatkan kemampuan pegawai ataupun menambahkan perangkat hardware dan software baru. Layanan ini juga akan membebaskan banyak tugas rutin dari staf IT untuk lebih fokus kepada inisiatif bisnis
  6. Aman dan Andal : Layanan ini terbuat melalui banyak data center yang dirangkai melalui jaringan global kelas dunia, dan masing-masing dilindungi oleh best practice operasional dan juga kemanan berlapis-lapis. Microsoft juga menggaransi uptime di atas 99.9%.

Jenis Pelanggan

Layanan ini bisa dipakai oleh bermacam-macam ukuran perusahaan, dari Small Business (mulai dari 5 PC), sampai Enterprise (lebih dari 500 PC).

Jenis-jenis Aplikasi

Beberapa jenis aplikasi ditawarkan di sini adalah (bisa dipilih sesuai kebutuhan) :

  • Business Productivity Online Standard Suite, yang meliputi :
  • Business Services : Customer Management (Dynamics CRM Online)
  • Compliance : Protection & Preservation for Email (Exchange Hosted Services)
  • Communications :
    • Web Conferencing (Office Live Meeting)
    • Email & Shared Calendar, Contact (Exchange Online)
    • Protection & Preservation for Email (Exchange Hosted Services)
    • IM & Presence Awareness (Office Communication Online)
  • Collaboration :
    • Centralized Resource and Workflow Management (Sharepoint Online)
    • IM & Presence Awareness (Office Communication Online)

Microsoft SkyDrive virtual hard disk kapasitas 25 GB Gratis

Jika anda seperti saya, suka bagi-bagi file berukuran lumayan besar (MB), fasilitas SkyDrive dari Microsoft Live akan sangat membantu.

Anda bisa meletakkan semua file-file video, dokumen, foto, ke dalam beberapa folder di Internet, dan anda tinggal berikan URLnya pada siapapun yang ingin anda bagi file tersebut.

Sebagai contohnya, saya memiliki beberapa file yang bisa dishare untuk publik, dan saya letakkan di sini…

image

Untuk mendapatkan fasilitas ini, kita tinggal mendaftar di sini …

atau tinggal cari saja “skydrive” di internet melalui search engine favorit anda :)

Live@Edu

Banyak hal dapat dilakukan untuk membantu dunia pendidikan melalui Teknologi Informasi. Tidak perlu mahal, karena Microsoft memiliki PROGRAM GRATIS yang disebut sebagai Live@Edu.

Pendahuluan

Program ini gratis, dan memberikan layanan berbasiskan kolaborasi hosted dan co-branded, diperuntukkan untuk pelajar, alumni, dan pencari kerja. Program ini merupakan kombinasi antara layanan email gratis (melalui hotmail), aplikasi office, dan sistem untuk berkolaborasi dengan dokumen Microsoft Office.

Semua dokumen akan disimpan dengan aman di server Microsoft. Namun demikian, pengguna akan memiliki kontrol penuh seperti : membuat, menghapus, atau menyimpan alamat email yang ada.

Keuntungan lain dari Live@Edu adalah institusi pendidikan dapat menentukan nama domainnya sendiri. Bisa lebih dari satu.

Layanan ini mendukung co-branding, jadi institusi pendidikan dapat juga memasang logonya sendiri (bersama dengan logo “powered by Windows Live Hotmail”) di layar email client yang digunakan para pengguna.

Untuk penerapan skala besar, universitas bisa membeli sistem provisioning yang disebut “Identity Lifecycle Manager”, namun ini merupakan pilihan saja, karena pengaturanpun bisa dilakukan tanpa memerlukan ILM itu.

Layanan yang Diberikan

Live@Edu menyimpan data-data dengan sangat aman. Microsoft melakukan pemeriksaan keamanan melalui pihak ketiga. Pengamanan meliputi keamanan server dan jaringan, dan hanya personil tertentu yang diperbolehkan mengakses situs live.

Ukuran data yang bisa disimpan sampai 5GB termasuk data email, kontak, dan kalender.

Selain ukuran yang cukup besar, Microsoft juga memiliki komitmen untuk menjaga tingkat availability lebih dari 99.9%.

Layanan standar yang diberikan ke universitas termasuk hosted, branded email, dan seluruh layanan berbasiskan Windows Live. Contohnya, jika saya seorang mahasiswa universitas “Tunas Bangsa” dengan domain tunasbangsa.edu.id bisa memiliki email tonyseno@tunasbangsa.edu.id, dan saya bisa mendapatkan akses ke semua layanan gratis Windows Live seperti :

  • Office Live Workspace: Saat ini berbasaha Inggris, tetapi nanti akan ada bahasa-bahasa lain. http://office.microsoft.com/en-us/officelive/FX102412601033.aspx?ofcresset=1
  • Windows Live Messenger: digunakan untuk chatting menggunakan audio dan video, bisa mendukung multiuser, dan sangat bagus untuk belajar, dsb. http://get.live.com/messenger/overview.
  • Windows Live Spaces: Suatu tempat virtual yang bisa digunakan untuk saling berbagi informasi, foto, blog, dan sebagainya. Sangat bagus untuk memperkenalkan mahasiswa ke dunia kerja dengan membuat e-profiles http://get.live.com.
  • Windows Live for Mobile access to IM and e-mail: Fasilitas ini memungkinkan pelajar mengakses emailnya melalui semua jenis telpon yang mendukung web. http://mobile.live.com/GoLive. Layanan ini gratis, tetapi mungkin ada tarif data (3G/GPRS) dari operator telpon
  • Windows Live Expo: Ini tempat jual beli barang untuk setiap orang di dalam kampus dan komunitas. Kita bisa meletakkan iklan secara gratis dan mengatur siapa saja yang bisa melihatnya. Banyak yang bisa ditawarkan di sini , mulai dari pekerjaan, perumahan, atau apapun http://get.live.com 
  • Windows Live SkyDrive™: ini storage virtual berukuran 1 GB yang dilindungi password http://skydrive.live.com/
  • Access to Windows Live APIs to build your own custom apps: ini jika mahasiswa tertarik untuk bikin aplikasi sendiri http://dev.live.com/
  • Aplikasi-aplikasi baru yang masih beta : http://get.live.com/betas/home

Untuk mempermudah penjadwalan, program Live@Edu juga menyediakan manajemen kontak dan kalender (seperti iCal).

Keamanan Email

Microsoft Live@edu mengamankan data menggunakan filter spam dan virus yang canggih dengan teknologi proprietary.

Beberapa metodologi digunakan untuk menghilangkan spam, misalnya SmartScreen yang sanggup mempelajari spam berdasarkan laporan user dari inboxnya. SenderID Framework yang melindungi terhadap spoofing dengan cara mencocokkan alamat email pengirim dengan IP addressnya. Dalam prakteknya Microsoft bisa menahan sampai 95%-99% spam (teks ataupun image). Berdasarkan catatan, meski traffic spam meningkat 40% di Internet, spam Hotmail ini turun sampai 80%.

Kadang-kadang spam filter melakukan kesalahan, di mana email yang kita inginkan terjaring di dalam filter ini. Untuk itu pengguna dapat menentukan sendiri mana email yang aman dan mana yang tidak. Sistem Hotmail ini akan belajar. Selain itu pengguna dapat juga membuat aturan-aturan sendiri untuk junk mail folder, daftar email mencurigakan ataupun yang aman.

Pengguna juga bisa memberikan informasi (feedback) kepada tim layanan Windows Live, atau menandai email mana yang sampah atau juga mengatur interface di web supaya lebih baik. Lebih dari itu, jika pengguna menggunakan Microsoft Office Outlook, pengguna juga bisa memanfaatkan fasilitas proses junk mail yang canggih dari aplikasi Outlook ini.

Jika diinginkan, kita juga bisa membypass filter spam ini, misalnya untuk memberikan pengumuman dari universitas kepada seluruh pengguna. Caranya adalah dengan mendaftarkan IP address dari universitas, sehingga server universitas ini tidak akan diblock oleh filter spam. Aturan ini juga dibuat lokal, misalnya satu pelajar bisa mengirimkan email ke pelajar lain di dalam satu domain tanpa melalui filter sama sekali.

Kompatibilitas

Layanan ini bersifat interoperabel dan kompatibel terhadap semua jenis client. Misalnya mahasiswa dapat menggunakan Apple Mac atau Linux dengan browser Safari atau Firefox.

Berlaku Selamanya

Satu keuntungan luar biasa dari layanan Windows Live ini adalah layanan tetap hidup dan bisa diakses setelah mahasiswa lulus. Syaratnya kita tetap melakukan akses (log in) minimal sekali dalam 3 bulan. Namun jika lebih dari 3 bulan tidak pernah diakses, maka seluruh data akan dihapus, tapi user id untuk email tetap hidup.

What’s Next ?

Jika anda tertarik untuk mendaftar, bisa isi formulir di sini

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silahkan pelajari Q&A ini

Thursday, October 16, 2008

CSP - Citizen Service Platform

image

Sumber : Alex Galezowski, CAP Gemini 200.

Gambar di atas menunjukkan pertumbuhan penduduk dan globalisasi yang membuat "megacities", di mana kepadatan penduduk yang merata dan besar menciptakan kebutuhan yang sangat kompleks, termasuk di dalamnya adalah berhubungan dengan ratusan kelompok etnik dengan bahasa yang berbeda-beda. Teknologi yang benar, yang diimplementasikan dengan model yang disesuaikan dengan kondisi lokal, akan sangat menolong kota-kota dan daerah masa kini untuk memasuki era ekonomi global.

Sampai saat ini ketertarikan pemerintah tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK / ICT) masih pada tingkat nasional. Padahal kira2 80% transaksi antara pemerintah dan penduduk atau pelaku bisnis terjadi pada tingkatan regional dan nasional. Ditambah dengan hasil riset CAP Gemini di atas, bahwa dua pertiga dari penduduk dunia akan tinggal di kota pada tahn 2050. Ini memperkuat alasan kenapa investasi TIK harus terencana dan seimbang untuk tahun-tahun yang mendatang.

Model 4 Lapis

image

Layer 1 - Tantangan

Lapisan paling atas dari model ini memperlihatkan tantangan-tantangan paling berat yang dihadapi pemerintah sekarang.

Secara tradisional semua tantangan ini biasanya diselesaikan menggunakan silo. Dan ini sama artinya dengan menyediakan sebuah peralatan masak lengkap untuk setiap meja makan di dalam sebuah restoran. Akan banyak sekali pemborosan dan duplikasi. Padahal kita bisa saja menyediakan sebuah dapur yang bagus untuk restoran itu.

image

Layer 2 - People and Process

Bagian terpenting dari pelayanan pemerintahan adalah orang dan proses. Namun birokrasi pemerintah yang berbelit seperti sekarang ini mempersulit pengambilan keputusan pada banyak tingkatan.

image

Berdasarkan studi yang dilakukan Microsoft ada empat kelompok orang yang mengambil peran di dalam suatu pemerintahan, yaitu penduduk, wakil rakyat, pegawai pemerintahan, dan pelaku bisnis, yang masing-masing membutuhkan pelayanan yang berbeda-beda.

  • Penduduk : lahir, sekolah, dewasa, mencari pekerjaan, berhenti dari pekerjaan, pensiun, pindah rumah, beli barang, menikah, bercerai, adopsi anak, kematian, dsb
  • Pelaku Bisnis : berencana, kontrol, informasi, jual-beli, lisensi, kesehatan dan keamanan, perlindungan lingkungan, sampah, dsb
  • Wakil Rakyat : pertemuan, review, politik, penanganan komplain, hubungan keluar, keuangan, hubungan komersial, perencanaan, investasi, dsb
  • Pegawai Pemerintahan : laporan, pengeluaran, manajemen waktu, manajemen kasus, catatan pertemuan, dsb

 

Layer 3 Application

image

Model ini dikembangkan berdasarkan model Infrastructure Optimization untuk keperluan local government. Model ini memasukkan beberapa kemampuan dasar yang diperlukan untuk mendukung layanan-layanan di atas solusi hosted atau on premise.

Berdasarkan model di atas Microsoft kemudian membuat paket solusi sebagai berikut :

image

Layer 4 Technology

image

Arsitektur ini dibangun berdasarkan Maturity Model dari Gartner untuk mengakomodasi bermacam-macam ukuran dan tingkat kematangan dari organisasi pemerintahan lokal. Di lihat dari kiri ke kanan :

  1. Entry Site : cukup menggunakan general purpose engine yang berbasiskan web untuk menjalankan fungsi dasar dan tidak memerlukan instalasi onsite
  2. Collaboration Services : Windows SharePoint Services (WSS termasuk di dalam Windows Server), memerpukan instalasi onsite untuk Windows Server untuk mendapatkan fleksibilitas yang jauh lebih besar. Selain itu juga Microsoft memberikan seperangkat template generik untuk keperlukan proses bisnis yang umum dan kolaborasi di dalam organisasi
  3. Full Web Publishing, Case Management, Portal : memerlukan MOSS (Microsoft Office Sharepoint Server)
  4. Contact Center, Business Case Management, Ticketing : membutuhkan integrasi MOSS dan CRM untuk mendapatkan fungsi akses catatan penduduk, kemampuan contact center, dan manajemen kasus yang fleksibel