Sunday, July 13, 2014

E-Government dan E-Governance

image

E-Government

E-Government adalah istilah umum untuk layanan berbasis web dari pemerintah. Di dalam e-Government, pemerintah menggunakan teknologi informasi terutama Internet untuk :

  • mendukung pekerjaan pemerintah
  • meningkatkan keterlibatan masyarakat
  • memberikan layanan-layanan pemerintah

Semua interaksi e-Government seperti mendapatkan informasi, mengisi formulir, pembayaran, atau berbagai aktivitas lain dilakukan melalui browser Internet.

E-Governance

E-Governance merupakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang lebih luas daripada hanya pemerintah, dan sektor publik. Tujuannya adalah meningkatkan tata kelola.

E-Governance didefinisikan sebagai : Tata kelola proses dan institusi, baik formal maupun informal, yang memandu dan membatasi kegiatan kolektif dari sebuah kelompok. Governance tidak harus dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi perusahaan, LSM, dan sebagainya bisa membuat suatu tata kelola, dan seringkali tanpa keterlibatan pemerintah.

Hubungan

Antara E-Government dan E-Governance terdapat hubungan sebagai berikut :

Jenis Organisasi Fokus Eksternal Fokus Internal
Sektor Publik - Lembaga Pemerintahan E-Government (Extranet dan Internet) E-Governance (Intranet)
Sektor Privat - Perusahaan multinasional atau UKM Sistem Inter-Organisasi - Seperti sistem CRM (Extranet dan Internet) E-Governance (Intranet)

Berdasarkan klasifikasi hubungan di atas, maka e-governance lebih fokus pada penggunaan sumber daya internal seperti kapital, manusia, material, mesin, dan mengatur prosedur dan kebijakan.

No comments: