Saturday, October 2, 2010

Konversi lagu WMA Lossless, M4A Lossless menjadi FLAC

Kebetulan saya baru saja membeli sebuah media player AC Ryan, yang bisa memainkan lagu-lagu dengan format lossless. Setelah saya coba dengan beberapa lagu format lossless yang saya miliki, ternyata AC Ryan (dengan firmware versi terakhir pada saat tulisan ini dibuat : Firmware_PV73100_v7.3.3.r4090_Asian ) tidak bisa memainkan semua lagu saya yang tersimpan dalam format WMA dan M4A Lossless.

Namun setelah coba-coba, ternyata AC Ryan bisa memainkan Flac Lossless !

Saya menggunakan converter ini untuk mengubah WMA dan M4A Lossless menjadi Flac : http://www.dbpoweramp.com/dmc.htm

Setelah menginstall aplikasi tadi, kita perlu untuk melengkapi codecnya, install codec seperlunya (saya sendiri memilih flac, m4a, dan wma lossless) di sini : http://www.dbpoweramp.com/codec-central.htm

Komputer saya menggunakan Intel Core i7 yang memiliki 8 core dan menggunakan Windows 7 64 bit, DBPowerAmp bisa melakukan konversi dengan cepat karena mampu menggunakan semua core yang ada. Di bawah ini ada screen capture, di mana saya melakukan konversi untuk file-file saya yang berada di AC Ryan yang terkonfigur sebagai NAS (network attached storage). Akses ke AC Ryan sendiri menggunakan wifi N. Terlihat di situ bahwa konversi menggunakan seluruh core yang ada, tetapi karena ada bottleneck di wifi N, maka sepertinya utilisasi CPU juga tetap sangat rendah dan hanya terlihat sedikit spike saja :

image

Terlihat di bawah bahwa ukuran file flac seringkali lebih besar sedikit daripada wma, tapi apa boleh buat hehe…. soalnya flac bisa dimainkan di media player saya yang terhubung ke sistem suara hi fi.

image

Di bawah ini adalah hasil konversi m4a menjadi flac, terlihat bahwa ukuran flac semuanya lebih kecil daripada m4a (apple lossless) :

 

m4a vs flac

No comments: