Saturday, August 8, 2009

Need for Speed ? Move to Windows Server 2008 R2

Apakah server anda sudah kehabisan nafas ? Apakah anda perlu menambah beberapa server lagi untuk menampung perkembangan kantor cabang ?? Ruang data center anda sudah tidah muat ?

Jangan kawatir, sebentar lagi (2010), Intel berencana akan mengeluarkan CPU dengan 256 core. Data center anda akan mengkerut dengan signifikan, dan anda akan merasakan hentakan kecepatan CPU yang begitu powerful.

Tentunya jika anda memiliki sistem operasi yang juga sanggup menangani 256 core sekaligus dengan optimum.

Microsoft sebentar lagi akan meluncurkan dengan resmi Windows 7 dan Windows Server 2008 R2. Kedua2nya mampu menjalankan CPU 256 core tersebut dengan sangat baik. Lihat screen capture di bawah ini :

image

Di situ terlihat grafik penggunaan Intel CPU 256 core yang sangat sibuk. (Yah, memang sepertinya grafik penggunaan cpu ini perlu diperbaiki lagi, supaya lebih simple)

Microsoft telah berhasil memperbaiki kernel Windowsnya untuk bisa menangani 256 core, dan gambar di atas menunjukkan sebuah mesin yang menjalankan SQL Server (codename “Kilimanjaro” dengan rencana diluncurkan pada 2010) dengan beban berat yang menggunakan seluruh 256 corenya. Ini merupakan hal yang tidak mudah. Kita (geek) semua tahu bahwa menjalankan banyak core memerlukan manajemen thread yang sangat rumit. Namun Microsoft juga telah berhasil mengurangi kerumitan ini dan melangkah maju dengan arsitektur barunya.

Sebenarnya tidak semua aplikasi diuntungkan dengan peningkatan core tersebut.Jika anda hanya mengerjakan aplikasi sederhana seperti email, word processing, dan sejenisnya, maka anda tidak akan merasakan peningkatan kecepatan. Namun jika anda adalah seorang perancang, animator, atau bekerja dengan aplikasi simulator atau database yang besar, maka peningkatan jumlah core ini akan sangat membantu anda :

  1. Memotong waktu tunggu : CPU 256 core bisa mempercepat pekerjaan anda sampai 128x nya. Misalnya memotong waktu 24 jam menjadi 11 menit. Perusahaan akan sangat banyak menghemat dari sisi pembayaran lembur pegawainya…. ;)
  2. Menciptakan aplikasi yang sangat kompleks : misalnya menulis aplikasi robot untuk bermain bola (mengenali lawan/bola, berlari, menendang bola dsb)
  3. Meningkatkan kualitas hidup kita : misalnya membuat mobil yang berjalan sendiri menembus kemacetan lalulintas (mengenali mobil lawan, jalan, rambu, dsb)
  4. dan lain2nya

Jika hukum Moore terus berlanjut, maka di masa yang tidak lama lagi kitapun akan menikmati perangkat2 genggam yang memiliki banyak core. Mungkin juga 256 core tidak lama lagi akan menyusut sehingga bisa dipasang di mobile phone anda…, dan membuat mobile phone anda menjadi personal digital assistance yang sangat menyenangkan (dengan kecerdasan yang tinggi dan mengenali suara dan perintah anda dengan tanpa salah…)

2 comments:

t.s said...

hm.. bukannya manajemen thread lebih baik di keluarga *nix?

dan katanya, juga support core sampai 1024 buah http://wiki.answers.com/Q/Up_to_how_many_CPUs_can_Linux_support?

Tony Seno Hartono said...

Untuk core yang berjumlah besar, biasanya desain akan berbentuk cluster. Dan Windows 2008 R2 bisa menggunakan lisensi HPC (High Perf Cluster) untuk mensupport sampai jumlah core yang tidak terbatas. Keunggulan Windows 2008 R2 HPC adalah efisiensi yang sangat tinggi, dan node menyesuaikan penggunaan daya terhadap keperluan komputing...