Wednesday, June 6, 2012

Google Docs Does Not Support ODF (.odt)

Saya mendapatkan kiriman sebuah file dari AOSI (Asosiasi Open Source Indonesia) dengan format .ODT (ini adalah format dokumen terbuka SNI/ISO 26300). Sama dengan Open XML (.docx, .pptx, .xlsx), .odt ini merupakan salah satu turunan format XML yang terbuka dan bisa diedit menggunakan berbagai editor (seperti Microsoft Office/Word 2010).

Dokumen tersebut terbuka dengan baik menggunakan Microsoft Office 2010 (karena format ini memang sudah didukung secara native).

Namun pengguna Google Docs ternyata harus siap-siap kecewa karena ternyata dokumen ini tidak bisa terbuka melalui Google Docs, seperti hasil percobaan saya di bawah ini.

Percobaan menggunakan Google Docs untuk membuka dokumen ODF (.odt) :

  • Upload ke Google Docs berhasil dengan baik (sewaktu upload ada 2 pilihan apakah dokumen ingin dikonversi menjadi format Google Docs atau tidak, tapi kedua pilihan bisa dijalankan dg baik)
  • Jika anda tertarik untuk mencobanya sendiri, maka dokumen asli tanpa konversi bisa diakses di sini https://docs.google.com/file/d/0B_uyWhGc-5FiMmh4MUtuVFF5emc/edit 
  • Hasil percobaan saya : Google Docs tidak bisa membuka dokumen ini dengan peringatan “No preview available” dan kita diberi pilihan untuk mengunduh dokumen (untuk diedit menggunakan editor di PC) . Di bawah ini adalah screen capture dari browser saya :

image

Kesimpulan : Pada saat blog ini ditulis, Google Docs belum mendukung format ODF (.odt)

2 comments:

Unknown said...

Office anda error kali Pak. Saya pake Microsoft Office 2010 filenya saya simpan dalam odf gak ada masalah tuh saya upload ke google document.
Tapi hal ini bukan berarti saya bermaksud untuk mendebat Anda.

Tony Seno Hartono said...

Itu dokumen asli berformat ODF (.odt) yang saya dapat dari AOSI (Asosiasi Open Source Indonesia), jadi bukan buatan saya. Isinya mengandung embedded object (spreadsheet).

Sepertinya G Docs hanya compatible dengan file ODF yang paling sederhana tanpa embedded object.