Saturday, July 18, 2009

Membuat Lagu Pendek/Jingle dengan Microsoft Songsmith

Jika anda senang menciptakan lagu, atau jingle, secara instan dengan cara berdendang atau menyanyi atau bersiul, dan tidak bisa memainkan alat musik (atau repot dikejar waktu tayang), maka Microsoft Songsmith bisa menjadi solusinya !!

Syaratnya gampang.

Gunakan saja pc/laptop anda yang dilengkapi dengan speaker dan microphone (yang builtin sudah cukup), atau kalau mau lebih bagus lagi gunakan headset dengan microphonenya, dan install software Microsoft Songsmith. Setelah itu anda tinggal setting microphone dan speaker di pc anda, kemudian hidupkan softwarenya, dan siap menciptakan lagu2 baru :)

Pada saat anda mulai bermain, akan ada menu mudah di awal yang akan menuntun anda…

image

Di balik penampilan Songsmith yang sederhana ini, tersimpan mesin PGMusic Band-in-a-Box dan synthesizer dari Synthmeister Garritan ! Microsoft berhasil mengemas kedua mesin canggih tadi ke dalam paket software sederhana yang (sebenarnya) ditujukan untuk anak2. Namun, para profesional juga sebenarnya bisa menggunakannya sekedar untuk mencatat ide2 dengan cepat dan mudah.

Dengan Songsmith, anda tinggal menyanyi/bersiul, kemudian Songsmith akan menciptakan iringan secara otomatis.

Kalau iringan itu kurang cocok, anda bisa dengan mudah mengubahnya. Ada 2 slider “Happy” dan “Jazzy” yang akan mengubah warna musik anda.

Kalau kita ingin lagu melankolis, maka pentokin slider happy ke sebelah kiri, nanti Songsmith akan memainkan lagu dalam akor minor. Sementara untuk lagu yang happy akan main dalam akor mayor. Kita bisa memainkan slider ini ke kiri-kanan dan kita akan mendapatkan banyak sekali variasi2 akor…

Untuk lagu yang tidak jazzy, pentokin slider jazzy ke kiri, maka kita akan bermain pada akor standar, sementara kalau dipentokin ke kanan kita akan memainkan akor2 jazz… untuk lagu yang agak2 jazzy, kita bisa taruh di tengah, atau di posisi manapun tergantung dari selera kita…

Contoh di bawah adalah hasil siulan asal dari saya, dan dimainkan kemudian dengan irama Piano Ballad, yang sedih dan tidak jazzy….

image

Lagu yang sama bisa berubah karakternya dengan mengubahnya menggunakan style Funk Rock, yang gembira dan jazzy….

Terlihat di situ bahwa akor2 yang dimainkan juga menjadi sangat berbeda !

image

Kalau masih kurang sesuai juga kita bisa mengubah akornya secara manual di setiap bar, atau minta Songsmith memberikan beberapa rekomendasi :

image

Selain dari itu, instrumen musik juga bisa diubah secara individual. Rekaman suara juga bisa direkam kembali sehingga akan didapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Jika anda selesai dengan rekaman anda, anda bisa save kedalam format WMA, WAV, atau MIDI ! Atau anda bisa juga export ke Movie Maker untuk menambahkan video clip ke dalam musik anda !!

2 comments:

FRANKO NERO said...

met siang mas ^^
Makasih info na di posting "Membuat Lagu Pendek/Jingle dengan Microsoft Songsmith".
tapi kug link download software na error ya mas?. mohon pencerahan...
segitu dulu, makasih mas..., salam kenal..

Tony Seno Hartono said...

@Franko Nero: tadi saya cek URLnya masih betul kok, coba sekarang bisa nggak URL ini :

http://research.microsoft.com/en-us/um/redmond/projects/songsmith/download.html

atau langsung ke executable filenya :

http://download.microsoft.com/download/8/1/3/813609D2-82A3-47D7-B823-5ED32DF3A75C/SongsmithSetup.1.01.msi