Saturday, May 31, 2008

IT Club untuk anak-anak

Saya dengan seorang teman (Maya), kebetulan memiliki perhatian yang sama terhadap anak-anak Indonesia. Mereka adalah tunas bangsa, generasi penerus, dan calon-calon penguasa yang akan menggantikan kita di masa yang akan datang.

Sekarang kita hidup di jaman Informasi dan Komunikasi. Tanpa kita sadari sebenarnya setiap gerak-gerik kita bisa dimonitor, direkam ke dalam suatu media penyimpan yang terpusat yang hasilnya bisa digunakan untuk apapun. Tanpa kebanyakan orang sadari, sebenarnya bumi yang kita diami inipun sudah penuh dikelilingi satelit yang dilengkapi dengan kamera yang mengintai dari orbitnya. Bahkan sebenarnya tanpa kebanyakan orang sadari, di dalam dompet kita juga sudah tersimpan bermacam2 kartu kredit atau debit yang dilengkapi dengan teknologi identifikasi frekuensi radio yang selalu menunjukkan keberadaan Anda di manapun dalam jangkauan signalnya (btw., teknologi ini tidak memerlukan baterai, shg bisa ditanamkan ke dalam kartu2 yang tipis tadi).

Anda pemakai ponsel ? Nah, selama ponsel itu hidup dan terhubung pada suatu operator, keberadaan Anda dan seluruh komunikasi SMS dan suarapun bisa termonitor...

Anda menggunakan laptop untuk berkomunikasi via internet ? Apalagi itu..., semua bisa dimonitor dengan lebih detail lagi, karena laptop memiliki kemampuan yang jauh lebih cerdas daripada ponsel maupun chip radio di dalam kartu tadi.

Anda jadi takut ?

Tidak perlu merasa begitu, karena selain dari monitoring, ada banyak sekali manfaat teknologi informasi dan komunikasi ini untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, mengurangi pengangguran, menegakkan hukum, memacu pertumbuhan ekonomi, bisnis, mengurangi polusi, meningkatkan efisiensi, membuat hidup lebih nyaman dan menyenangkan dan lain-lain. Pada intinya adalah teknologi ini akan mengubah cara kita hidup, bekerja, belajar dan bermain.

Oleh karena itu, adalah sangat penting untuk kita mulai pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi sedini mungkin. Dan kami pikir usia 7-9 tahun cukup ideal. Anak2 seusia ini penuh rasa ingin tahu, memiliki kemauan (dan kemampuan) belajar yang luar biasa, dan masih bisa dibentuk dengan mudah.

Untuk itu mulai saat ini saya akan mulai seri tulisan dengan label "IT Club" yang berisi semua hal yang berkaitan dengan kegiatan ini di sini. Saya akan menggunakan bahasa yang sesederhana mungkin sehingga bisa dimengerti oleh anak2 usia tadi.

1 comment:

Anonymous said...

Setuju banget Mas, mudah2an ilmu Mas bisa lebih berguna untuk orang banyak, apalagi kalau bisa bikin perubahan untuk Indonesia raya tercinta ini.. :)

-Tutut-