Monday, August 10, 2009

Microsoft Windows Server 2008 R2 sebagai Platform Terbaik solusi terintegrasi Windows & Linux

Banyak perusahaan sekarang yang memilih solusi campuran antara Linux dan Windows. Linux dipilih karena gratis, dan cukup baik untuk digunakan di sisi server. Sedangkan Windows dipilih di sisi desktop karena sangat mudah digunakan oleh user.

Namun sekarang Microsoft Windows Server 2008 R2 menjadi pilihan yang sangat menarik. Dengan kemampuan virtualisasinya yang sangat efisien, Microsoft Windows Server 2008 R2 bisa menjadi host untuk semua server anda baik itu berbasiskan Linux atau Windows.

Berita menariknya adalah Microsoft memberikan lebih dari 20 ribu baris source code dengan lisensi GPL v2 untuk memungkinkan guest OS Linux berjalan dengan sangat cepat dan efisien di atas platform Windows Server 2008 R2 ini. Langkah Microsoft ini sangat penting, karena ini adalah pertama kalinya bagi Microsoft memberikan source code langsung ke komunitas Linux. Dan hebatnya code ini akan ditanam di dalam kernel Linux, sehingga Linux akan bisa berjalan menggunakan teknik serupa dengan Paravirtualization-nya Xen Hypervisor !

Memang Microsoft sekarang berbeda dengan dulu. Berdasarkan umpan balik yang diterima dari banyak pelanggan dan mitra open source, maka Microsoft mulai membuka diri dan menyiapkan platformnya untuk menjalankan solusi-solusi Open Source dengan jauh lebih baik, termasuk menjadi platform pilihan untuk menjalankan sistem operasi Linux secara virtual.

Perubahan mengejutkan namun memang hasilnya sangat positif bagi semua orang (Microsoft maupun komunitas Open Source), terbukti dari penjualan Microsoft Windows Server yang angkanya meningkat terus. Tahun ini, meskipun ada masalah economic downturn yang memberatkan banyak industri, angka penjualan server Microsoft adalah yang tertinggi selama 3 tahun.

Banyak sekali jenis pelanggan yang akan diuntungkan dengan adanya gerakan ini :

  1. Penyedia layanan Internet Hosting – Sekarang penyedia layanan Internet Hosting bisa menggunakan Windows Server 2008 R2 sebagai platform untuk melayani semua jenis pelanggannya. Baik untuk pelanggan yang memilih Linux maupun Windows, keduanya bisa dilayani dengan sama baiknya
  2. Penyedia layanan Data Center – Penyedia layanan Data Center juga diuntungkan karena selain bisa melayani pelanggan Linux dan Windows, ada banyak fitur Windows Server ini yang menguntungkan, seperti availability yang carrier class (99.999%) dan provisioning yang cepat dan efisien, sehingga penyedia bisa memasang tarif lebih tinggi dan sebagainya
  3. Perusahaan dengan banyak cabang – diuntungkan dengan konsolidasi yang mudah untuk semua jenis servernya, baik Linux maupun Windows
  4. Pengembang Aplikasi – juga sangat diuntungkan karena bisa mengembangkan banyak aplikasi yang bisa berjalan di atas Linux maupun Windows dengan hanya mempergunakan satu workstation saja

Instalasi Linux yang sangat Mudah

Dengan kontribusi Microsoft ke komunitas Open Source ini, maka integrasi Linux di atas Hyper-V menjadi sangat mudah. Pada umumnya cuma memerlukan beberapa layar interaksi saja, semudah memasang di mesin fisik.

Meskipun secara resmi Microsoft hanya menyatakan dukungan resmi terhadap SuSE, namun sebenarnya banyak distribusi yang sudah berhasil diinstall dengan sangat mudah misalnya : Ubuntu, Fedora, Mint, Open SuSE, dan sebagainya.

Nah siapkah anda mencoba Microsoft Windows Server 2008 R2 ini ?

No comments: