Monday, July 30, 2012

Microsoft Excel 2013 Power View with GPS Coordinate (Geocode)

Pada tulisan saya sebelumnya di sini http://tonyseno.blogspot.com/2012/07/power-view-with-bing-map-experiment.html saya telah menunjukkan bagaimana caranya bekerja dengan Bing Maps di dalam Excel.

Sayangnya jika lokasi (kota/kabupaten/kecamatan/jalan/nama suatu tempat dsb) tidak dikenal di Bing Maps, maka Power View tidak akan menampilkannya di layar. Untuk itu kita bisa tambahkan informasi koordinat GPS (Geocode) ke dalam excel kita.

Koordinat  GPS bisa kita dapatkan dengan berbagai cara, misalnya melalui perangkat GPS yang kita punya, atau bisa juga melalui konversi batch gratis di sini : http://www.findlatitudeandlongitude.com/batch-geocode 

Koordinat GPS tersebut lalu kita bisa masukkan ke Excel 2013 di dua kolom terpisah seperti di bawah ini (saya letakkan di kolom G dan H) :

image

Di Power View kita cukup click and drag field field G (latitude) dan H (longitude) dari tabel ke dalam field yang sesuai di Power View seperti di bawah ini :

image

Maka seluruh kecamatan (atau objek lain) yang memiliki informasi koordinat GPS (geocode) akan bisa ditampilkan di dalam peta.

image

No comments: