Friday, April 20, 2012

Technology Megatrend 2012

image

Ada empat megatrend di dunia teknologi TIK sekarang : Mobile, Social, Big Data, dan Cloud.

  • Mobile – adopsi perangkat mobile yang luar biasa pesat menyebabkan cara orang bekerja, belajar, dan bermain berubah. Trend ini terlihat di mana-mana (apalagi di Indonesia) kita melihat orang berjalan kaki tapi matanya tertuju ke perangkat genggamnya, atau sekumpulan orang duduk di meja yang sama (misalnya di restoran), tapi semuanya sibuk dengan perangkat genggamnya.
  • Social – Aplikasi-aplikasi sosial juga menjadi sangat populer, misalnya Facebook atau Twitter, yang sangat populer di semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Aplikasi-aplikasi sosial ini sangat memudahkan orang untuk saling terhubung.
  • Big Data – Kedua hal di atas (mobile dan sosial) mengakibatkan ledakan data yang luar biasa. Dengan pertumbuhan yang eksponensial, kita membutuhkan suatu teknologi analisa data yang baru untuk menganalisa data yang ukurannya sangat luar biasa besar itu, misalnya untuk menemukan peluang bisnis baru, mencegah penyebaran wabah penyakit, atau memerangi kejahatan.
  • Cloud – Trend Awan ini semakin memperkuat ketiga megatrend tadi di atas. Teknologi awan memberikan kemampuan komputasi dan konektivitas yang merata di manapun. Bagi para pengambil keputusan, teknologi awan membuat TIK menjadi landasan yang strategis untuk bisnis.

No comments: