Friday, July 10, 2009

Operating System Microsoft Windows 7 berjalan di PC “Dinosaurus”

Microsoft telah berhasil mengembangkan operating system modern yang jauh lebih baik dari pada Windows XP dan Vista. Operating system ini diberi nama Windows 7 dan akan diluncurkan secara resmi sekitar akhir Oktober 2009 ini.

Berbeda dengan Windows Vista, Windows 7 ini merupakan operating system modern yang sangat ringan. Bisa berjalan di PC dengan spesifikasi yang kecil. Resminya Microsoft mengatakan bahwa Windows 7 memerlukan Memory sebesar 1 GB atau lebih, namun jika dipaksakan ternyata Windows 7 ini juga bisa berjalan di mesin tua dengan spesifikasi yang jauh lebih kecil dari pada itu.

Hackerman1 telah melakukan percobaan menjalankan Windows 7 dengan sukses di mesin tua “Dinosaur” yang hanya dilengkapi dengan CPU Intel PENTIUM 2 dengan 96 MB DRAM !

Semua hal ini memang dimungkinkan karena Windows 7 merupakan operating system berbasiskan Vista yang dirancang ulang sehingga mampu berjalan di komputer yang sangat terbatas kemampuannya.

Namun demikian untuk mendapatkan pengalaman berkomputer yang menyenangkan, sebaiknya gunakan spesifikasi yang direkomendasikan (memory >= 1GB).

Jika anda pemilik (atau berencana untuk membeli) Netbook, maka Operating System Windows 7 ini sangat direkomendasikan, untuk meningkatkan pengalaman anda berkomputer menggunakan Netbook. Apalagi jika anda menggunakan Netbook terbaru dengan spesifikasi dual core Atom CPU, 1+GB Memory, 170+ GB Hard Disk yang dijual dengan harga Rp 5 jutaan…. Windows 7 akan menyulap Netbook anda menjadi Laptop Micro yang mampu menjalankan pekerjaan2 berat secara multitasking (bukan hanya sekedar menulis email, proposal, browsing, chatting, dan pekerjaan-pekerjaan ringan khas netbook lainnya)…

Btw., jika anda ingin merasakan kecanggihan Windows 7 ini, silahkan beli majalah CHIP edisi terakhir, di dalamnya ada DVD Windows 7 RC (Release Candidate), yang bisa dipakai sebelum expired pada 1 Juni 2010.

4 comments:

Anonymous said...

Maksudnya Windows 7 RC kali pak, bukan beta..

Tony Seno Hartono said...

Ya anda benar....:) saya sudah perbaiki artikelnya. thanks

Ulfa Maryon said...

mas, apakah microsoft office 2007 bisa berjalan di atas operating system windows 7?

Tony Seno Hartono said...

@Ulfa : Ya, Office 2007 bisa berjalan di atas Windows 7. Untuk kecepatan yang memadai, Office 2007 memerlukan DRAM yang cukup (1GB atau lebih)