Monday, April 11, 2011

IE9 Tracking Protection–Lindungi Privasi anda pada saat browsing !

Microsoft Internet Explorer IE9 memiliki satu fitur keamanan untuk melindungi privasi kita pada saat berselancar di web.

Tahukah anda bahwa banyak konten, gambar, iklan, dan analitik yang kita lihat di website diberikan oleh pihak ketiga ? Konten ini banyak manfaatnya, baik untuk kita maupun penyedia konten. Namun konten semacam ini juga mampu melacak apa saja yang kita lakukan selama berselancar di banyak tempat. “Tracking Protection” memberikan perlindungan dan pilihan akan informasi apa saja yang boleh kita berikan pada pihak ketiga ini.

Untuk memilih website mana saja yang boleh melacak kegiatan kita, kita bisa menentukan daftarnya melalui Tracking Protection Lists. List ini bisa kita download sendiri atau kita tentukan secara manual. Jika kita sudah memiliki list-nya maka IE9 akan membatasi informasi privasi apa saja yang boleh kita share ke orang lain. Setiap list yang kita tambahkan akan berlaku secara global, sampai kita matikan atas kemauan kita sendiri.

Untuk mendapatkan List ini, kita bisa gunakan IE9, pilih tool (atau ALT-X), kemudian Safety, dan Tracking Protection :

image

Jika Tracking Protection kita klik maka kita bisa menambahkan list secara ONLINE (pilih “Get Tracking Protection LIsts Online” di bagian kiri menu)

image

Anda akan dibawa ke URL : http://iegallery.com/en/trackingprotectionlists/ untuk memilih mana penyedia list yang akan dipilih. Kalau saya, saya pilih semuanya Smile

Selain dari provider yang tersebut di atas tadi, kita juga bisa memiliki Personalized List. Untuk kustomisasinya, klik pada “Your Personalized List” dan pilih “Settings for this list…” . Di bawah ini contoh kustomisasi di IE9 saya :

 

image

Dari list di atas kita bisa memilih untuk blok otomatis, atau kita pilih sendiri satu persatu. Saya sendiri memilih IE9 untuk melakukan blok otomatis.

Jika Tracking Protection sudah aktif, maka kita bisa melihatnya di IE9 sebuah simbol bulat warna biru seperti ini image

image

Selamat mencoba Smile

No comments: