Saturday, April 23, 2011

iPhone 4, iPhone 3G Location Tracking bisa dimanfaatkan untuk melacak seluruh kegiatan pemiliknya

Teknologi bagaikan pisau bermata dua. Semua perangkat mobile canggih sekarang bisa melakukan location tracking, namun hanya iPhone yang sangat menghebohkan.

Mengapa ?

Location tracking di iPhone ternyata memanfaatkan suatu fasilitas pencatatan log perjalanan lengkap (dengan detail informasi posisi dan catatan waktu) dengan sejarah (history) yang tidak dibatasi. Artinya, catatan perjalanan akan ada semenjak perangkat telepon ini diaktifkan oleh pemiliknya. Dan Apple melakukan hal ini tanpa persetujuan oleh pemiliknya.

Location Tracking tidak bisa dimatikan !

Ada satu hal yang mengganggu di sini, karena ternyata pencatatan ke dalam log file tetap berjalan meskipun fitur ini telah dimatikan melalui menu. Ukuran log file juga tidak dibatasi oleh Apple, sehingga pencatatan akan berjalan sangat lengkap semenjak perangkat ini diaktifkan oleh pemiliknya untuk pertama kalinya.

 

 

 

iPhoneTracker

Celah keamanan privasi ini ditemukan oleh seorang programmer yang kemudian membuat aplikasi gratis open source bernama iPhoneTracker dan bisa didownload di sini : http://petewarden.github.com/iPhoneTracker/

 

image

File yang disimpan oleh iPhone ini mengandung informasi yang sangat detail mengenai catatan-catatan perjalanan si pemakai, yang terdiri dari lokasi (diambil dari GPS dan interpolasi radio yang sangat akurat) dan informasi lengkap tentang waktu hal itu terjadi.

Aplikasi akan menampilkan informasi secara umum (bird eye view), kemudian informasi ini bisa di drill down untuk mendapatkan informasi yang lebih detail. Dan siapapun yang memegang telepon ini (meski bukan pemiliknya) akan bisa mendapatkan informasi ini dengan sangat mudah melalui aplikasi ini.

No comments: