Tuesday, August 4, 2009

GPS Garmin Nuvi 710 – Convert Favorite to POI

Biasanya kalau saya membeli gadget, gadget tersebut segera menjadi rongsokan dalam waktu 1 bulan. Pada umumnya saya tinggalkan karena bosan. Namun ada satu gadget yang benar-benar saya pakai bertahun-tahun, dan menimbulkan ketergantungan yang parah…. “GPS Garmin Nuvi 710” yang saya tempel di atas dashboard mobil saya. Saya bahkan memberinya nama “Novie”, karena suara pemandunya memang merdu….

Saya selalu bawa Novie ini naik mobil, pesawat, ataupun berjalan kaki (di tempat baru), dan saya kerap kali menandai tempat-tempat yang asyik. Misalnya restoran (kebetulan saya juga agak hobi kuliner, di kamus saya cuma ada “enak” dan “enak sekali” untuk makanan).

Tempat baru tadi saya tandai ke dalam FAVORITE.

Nah ternyata ada keterbatasan kapasitas Favorite ini. Nuvi 710 hanya mampu menampung 500 lokasi favorit. Akibatnya jika kita ingin menandai tempat baru, kita harus menghapus satu (atau beberapa) lokasi favorit lain.

Tapi tahukah anda bahwa Nuvi 710 juga memiliki data POI (Point of Interest) ? Nah POI ini ada yang built in bawaan dari pabriknya, ada juga yang bisa kita isi sendiri. Namanya Custom POI. Bagusnya Favorite tadi bisa diubah menjadi POI. Keuntungannya adalah kapasitas yang besar sekali, dan hanya dibatasi oleh besarnya storage (nah kalau ini sih teori saya, soalnya saya belum mentok sampai error hehehe)….

Untuk mengubah Favorite ke POI, caranya mudah tetapi cukup panjang :

  1. Instal aplikasi “MapSource” yang bisa didownload di sini – Syaratnya anda sudah memiliki aplikasi MapSource yang lama yang terinstall di PC anda. Kalau anda belum memiliki aplikasi MapSource lama, coba ikuti petunjuk di sini atau ikuti yang ini….
  2. Setelah MapSource terinstall dengan sukses, tancapkan Nuvi 710 ke PC anda melalui kabel USB
  3. Tunggu beberapa saat sampai Nuvi 710 dikenal PC sebagai external disk, lalu hidupkan MapSource, dan klik “receive from device”
  4. MapSource akan mengimport WAYPOINT (titik-titik favorite) dari Nuvi 710 ke dalam PC. Anda bisa edit waypoint sesuka anda, kemudian “save as GPX” (misalnya disave sebagai poi.gpx)
  5. Install POI Loader dari Garmin , kemudian upload poi.gpx tadi ke dalam Nuvi 710
  6. Cabut Nuvi 710, Nuvi akan boot dan akan muncul menu navigasi biasa. Anda bisa cek sekarang bahwa semua favorit anda tadi sudah terkopi menjadi custom POI. Jika ya, anda bisa delete semua favorit anda di Nuvi 710, dan anda sekarang punya kapasitas favorit yang kosong lagi :)

Jika di data anda banyak yang redundant, anda bisa buang semua redundancy tersebut menggunakan POIEdit yang bisa didownload di sini….

Jika anda ingin cara lain mengedit POI anda, anda juga bisa gunakan Microsoft Excel. Caranya POI.GPX tadi disave sebagai POI.CSV , edit sesuka anda, setelah itu POI.CSV bisa diupload langsung ke Nuvi 710 melalui POI Loader….

Nah, selamat mencoba…

No comments: