Sunday, June 12, 2011

Microsoft PowerPivot Analytics for Twitter (FREE DOWNLOAD)

Microsoft membuat tool gratis untuk menganalisa Twitter. Yang kita perlukan adalah Microsoft Excel 2010 dan PowerPivot.

Microsoft Excel 2010 merupakan bagian dari Microsoft Office 2010, jika anda belum memilikinya, anda bisa mendownload versi demo di http://office.microsoft.com/en-us/products/ . Sedangkan PowerPivot bisa didownload di : http://www.powerpivot.com/ . Download versi 32 bit atau 64 bit sesuai dengan versi Microsoft Office 2010 yang anda punya.

PowerPivot merupakan add in untuk data analysis yang mudah diolah dengan tampilan seperti BI (Business Intelligence) dashboard.

Salah satu kemampuan luar biasa dari powerpivot adalah melakukan analisa Twitter.

Download Twitter Analytics di sini : http://www.microsoft.com/download/en/details.aspx?id=26213

Add in Analytics for Twitter memungkinkan kita untuk mencari informasi Twitter dan menampilkannya melalui dashboard statistik Twitter di dalam Microsoft Office Excel 2010. Dengan add in gratis ini kita dapat melakukan :

  • Mencari sampai 5 twitter searches (terbatas sampai 1,500 hasil per query per day)
  • Melakukan ad-hoc analysys tweet berdasarkan hari, jam, tweeters, #hashtags dan @mentions
  • Kustomisasi penampilan menggunakan slicers, rumus DAX atau tabel referensi

Setelah anda selesai melakukan instalasi Twitter Analytics, anda akan mendapatkan file ini image “Analytics for Twitter.XLSX” di desktop anda. Klik file itu, kemudian kita langsung dihadapkan pada tampilan seperti ini di dalam excel :

image

Kita lihat di atas bahwa Twitter Analytics ini memiliki beberapa tabs seperti “Topics”, “People”, “Tone”, dan sebagainya.

Topics Tab

Di sini kita bisa melihat informasi topik secara keseluruhan, hashtags yang paling populer, mentions yang paling populer, tweeter yang paling populer, tweets by day, time of day, tweet type, dan tone. Dengan mudah kita juga bisa mengubah-ubah parameter query menggunakan slicer.

image

People Tab

Di sini kita bisa melihat siapa saja yang melakukan tweet secara positif atau negatif, siapa saja yang paling aktif melakukan tweet, tweeter paling aktif dalam sehari, topik apa yang paling populer, dan siapa yang paling sering menyebutkannya.

image

Tone Tab

Di sini kita bisa melihat secara overall tone positif atau negatif perharinya, grafik tweet positif/netral/negatif, tweeters, tone score by day, tone score by time of day, mentions, dan hashtags.

image

Sentimen

Twitter Analytics ini melakukan pengukuran sentimen secara otomatis di tab “tone dictionary”, yang nilainya bisa dikustomisasi seperti di bawah ini (silahkan kustomisasi sendiri untuk bahasa Indonesianya) :

image

No comments: