Wednesday, October 21, 2009

Gaya hidup digital menggunakan Windows 7 Media Center

Windows 7 memperkenalkan gaya hidup digital melalui aplikasi Media Center yang sudah built in di dalamnya.

Media Center merevolusi cara anda menonton televisi, movie, berita, menikmati lagu, foto dan sebagainya. Anda cukup gunakan layar lebar TV anda (atau LCD projector) dengan system audio yang hi fi.

Lebih mantap lagi jika anda pasang perangkat TV tuner seperti Haupaugge WinTV ke dalam PC anda.

Seperti halnya TV biasa, anda akan mendapatkan sebuah remote control (bisa dibeli terpisah atau built in bersama dengan WinTV tadi). Remote control ini memungkinkan anda untuk mengontrol semua fasilitas di PC melalui remote infra red yang dioperasikan dari sofa yang nikmat dari kejauhan.

Windows Media Center ini bisa dipanggil melalui perintah “Media Center”. Di bawah ini beberapa contoh screen capture dari Media Center.

image

Media Center memiliki banyak fasilitas yang bisa dikontrol melalui remote control (seperti TV) :

image

Jika anda memiliki koneksi internet yang cepat, Media Center juga bisa menayangkan banyak saluran TV internet yang gratis. Contohnya saluran MSNBC.COM yang bisa diakses melalui menu “Extra”. Ada banyak berita menarik yang bisa kita tonton di sini, contohnya menu “Top Stories” dari MSNBC :

image

Tayangan bisa dibuat full screen seperti TV pada umumnya….

image

Selain TV Internet, kita juga bisa melihat slide show dari foto-foto yang ada di dalam PC :

image

Atau mendengarkan musik yang merdu melalui Hi Fi amplifier….

image

Atau menonton Live TV gratis melalui antena TV biasa (ke TV tuner tersebut). Enaknya TV ini bisa dipause setiap saat (misalnya kalau ada tamu datang), atau direkam pada waktu-waktu tertentu, sehingga anda tidak akan ketinggalan acara favorit anda. Enaknya lagi, rekaman itu juga bisa diplayback sambil skip iklan :D

image

Cobalah Windows 7 Media Center sekarang juga kalau tidak mau dibilang ketinggalan jaman :)

No comments: