Friday, February 3, 2012

Data Warehouse–SMP atau MPP ?

MPP (Massively Parallel Processing) adalah trend saat ini, di mana MPP sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan akan dukungan terhadap data yang sangat besar (multi terabytes). MPP juga memiliki perbandingan price/performance yang sangat baik jika jumlah usernya semakin besar.

Di bawah ini ada beberapa perbandingan antara SMP dan MPP :

  1. Skalabilitas : Dari sisi desain, MPP lebih skalabel daripada SMP, dan kinerja tergantung kepada berapa banyaknya node yang ada (bisa sampai ratusan node). Dan ini membawa keuntungan lain, dimana semakin banyaknya node, berarti membawa peningkatan dari sisi ketersediaan layanan.
  2. Harga/Kinerja : Pada umumnya solusi SMP memiliki harga/kinerja yang lebih baik, terutama untuk ukuran basis data yang kecil
  3. Kemampuan : MPP memiliki kemampuan yang jauh lebih besar dibandingkan SMP dari sisi jumlah pertanyaan dan jumlah user. Kemampuan MPP ditingkatkan dengan menambahkan node. Sementara SMP memiliki kemampuan lebih kecil, namun dengan kemajuan teknologi prosesor, I/O, memory dsb, maka kemampuan SMP juga meningkat. Namun tetap saja SMP memiliki resiko leher botol di I/O (misalnya server memiliki kemampuan 32 Gbps tapi SAN hanya 12 Gbps)

1 comment:

hanum said...

terkait dengan tema Data Warehouse, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3113/1/IMG_0038.pdf