Monday, June 21, 2010

Percobaan menggunakan Linksys WRT160NL – WiFi Access Point & USB Storage

Teman saya, Kevin Kurniawan, Direktur Pemasaran  Linksys  dari Cisco Systems mengirimkan saya sebuah Linksys WRT160NL. Berikut ini adalah beberapa catatan saya ketika mencoba unit baru ini :)

Sebelum Linksys ini dipakai, kita perlu setup dahulu Linksys ini dengan bantuan CD yang diikutsertakan di dalam paketnya.

CD tersebut diselipkan ke drive, dan sebuah menu akan muncul seperti di bawah ini :

image

Pilih run setup.exe, kemudian :

image

Klik start setup :

image

Klik next terus untuk bantuan pemeriksaan fisik router (pasang antena dsb).

clip_image008

clip_image010

clip_image012

Jika kita centang pilihan “Save these settings in a text file on my desktop”, maka di Desktop komputer kita akan menemukan file dengan nama “linksys.txt” dan isinya kira-kira seperti ini :

clip_image013

clip_image015

Hal terakhir adalah instalasi Network Magic, sayang berakhir error (tidak jelas penyebabnya, mungkin karena saya menggunakan Windows 7 versi 64 bit ?). Namun percobaan install kedua (diulang dari menu autoplay kemudian pilih menu install Network Magic) berhasil dengan sukses :

clip_image017

Untuk terhubung ke WIFI kita cukup connect via Windows 7 , masukkan parameter yang benar, atau jika kita lupa atau malas, tinggal pencet tombol clip_image018 di bagian depan router pada saat kita diminta mengisi parameter itu di PC. Nanti Linksys akan mengirimkan parameter yang tepat ke PC kita J

clip_image019

Ternyata jangkauan Linksys ini cukup jauh. Rumah saya sekarang full terhubung melalui WiFi, meskipun saya berada di pintu pagar di luar rumah (berjarak kira-kira 30+ meter dengan terhalang 3 tembok….

Linksys juga menyertakan aplikasi Network Magic versi gratis dan Pro. Network Magic memungkinkan kita untuk :

clip_image021

Versi yang Pro memungkinkan kita melihat topologi jaringan :

clip_image023

Sayangnya Network Magic Pro ini hanya demo yang akan mati jika tidak dibeli dalam 7 hari…

clip_image025

Sekarang saya mencoba untuk mengakses Linksys melalui interface Web. Pertama-tama saya harus dapatkan dulu alamat IP Linksys :

clip_image027

Di sini terlihat bahwa PC saya menggunakan address 192.168.1.102 dan gateway (Linksys) menggunakan alamat 192.168.1.1. Jadi Linksys bisa diakses melalui Web browser dengan alamat http://192.168.1.1 . Masukkan userid “admin” dengan password yang telah anda set sebelumnya :

clip_image028

Kemudian kita bisa mengakses setting yang lebih detail melalui web interface seperti di bawah ini :

clip_image030

Btw., saya mengalami sedikit issue dengan browser IE8 di Windows, di bawah ini saya mencoba akses Linksys menggunakan Firefox di Ubuntu 10.4 dan seluruh perintah berhasil saya jalankan tanpa error.

Sekarang saya mencoba memasang storage ke Linksys untuk dibuat shared folder. Saya coba tancapkan USB Flash ke Linksys, kemudian saya click Storage. Di sini kita bisa format, atau buat shared folder dsb :

clip_image032

Saya coba format :

clip_image033

Setelah itu saya create volume bernama MyUSB, dan saya share keseluruhan partisi :

clip_image034

Coba create user xxx :

clip_image035

Di bagian disk :

clip_image036

clip_image037

Sekarang saya mencoba kembali menggunakan Windows dengan IE8. Coba connect via Windows Explorer dengan mengetik \\192.168.1.1\

clip_image038

clip_image040

Coba map network drive :

clip_image042

Map menjadi X:

clip_image043

Sekarang kita memiliki shared folder yang bisa diakses baca-tulis di X:

clip_image045

Jika kapasitas USB flash ini dirasa kurang, silahkan tancapkan hard disk USB anda :)

1 comment:

Anonymous said...

Gan, ane udah kerjakan sesuai petunjuk agan kok kagak bisa ya, pas ane mau masukin username 192.168.1.1\xxx, mohon bantuannya gan thx sebelumnya..