Friday, November 6, 2009

Free Antivirus and Anti Malware for your PC

Sesuai dengan ramalan yang saya bahas awal 2008 : Security Trend 2008 , serangan botnet kian menjadi-jadi, dan sekarang botnet malah dibisniskan !  Ya betul anda bisa menyewa botnet untuk melakukan apa saja yang anda minta sekarang, dengan biaya terjangkau (jangan dilakukan/ditiru karena bisnis ini termasuk Cybercrime !)

BOTNET

BOTNET adalah singkatan dari ROBOT NETWORK –yaitu sekumpulan komputer yang telah berhasil ditanami agen asing sehingga menjadi robot atau zombie yang bisa dikontrol dari jarak jauh secara terpusat oleh seseorang (atau organisasi). Komputer-komputer ini bisa digunakan oleh orang ini untuk melakukan banyak hal tanpa diketahui oleh si pemilik komputer tersebut.

Biasanya botnet menginfeksi banyak komputer (bisa sampai ribuan).

Salah satu contoh serangan yang diakibatkan oleh botnet ini misalnya spam email terkirim dari komputer anda, penyebaran virus, serangan ke sebuah komputer/server yang mengakibatkan komputer/server tersebut mati, dan sebagainya. Komputer yang sedang terserang botnet biasanya terasa lebih lambat sedikit.

Mencegah botnet

Botnet biasanya berhasil masuk ke sebuah komputer melalui antivirus palsu atau aplikasi bajakan atau juga ditanam di dalam sebuah gambar (JPG misalnya). Untuk mencegah botnet menginfeksi komputer anda, gunakan antivirus/antimalware dari sumber yang terpercaya.

Antivirus Gratis !!

Sebagai komitmen Microsoft untuk membuat dunia IT semakin aman, maka Microsoft mengeluarkan ANTIVIRUS gratis. Antivirus ini untuk penggunaan pribadi atau di rumah (karena tidak ada central monitoringnya). Antivirus ini namanya Microsoft Security Essentials dan bisa didownload di : http://www.microsoft.com/SECURITY_ESSENTIALS/ 

Anti Malware Gratis !!

Botnet merupakan serangan yang sangat jahat dan berskala internasional. Diperlukan kolaborasi semua pihak supaya botnet bisa diredam. Anda akan aman terhadap botnet dan sekalian bisa ikut berpartisipasi membasmi botnet jika anda install aplikasi gratis Microsoft Malicious Software Removal Tool : http://www.microsoft.com/security/malwareremove/default.aspx

Screenshots

Di bawah ini ketika saya masuk ke situs Microsoft Security Essentials :

image

Ini adalah tampilan pada saat MSE diinstall (saya coba di virtual pc saya yang menjalankan windows XP). Terlihat pada saat install ada status “computer status-at risk” karena memang windows xp saya tidak ada antivirusnya sekarang ini :

image

image

Tampilan Microsoft Windows Malicious Software Removal Tool ketika sedang melakukan scanning :

image

No comments: