Thursday, November 22, 2012

Yang baru dari Microsoft Exchange 2013

Microsoft menjawab tren dan masalah kedaulatan data dengan email server lokal Microsoft Exchange 2013 yang bisa dimiliki setiap organisasi di Indonesia.

Selaras dengan tren masa kini :

  • BYOD (Bring Your Own Devices), di mana karyawan bisa membawa perangkat pribadinya ke dunia pekerjaan, termasuk salah satunya adalah dengan cara mengakses email kantor dengan aman menggunakan perangkat pribadi
  • Penggunaan jejaring/media sosial yang begitu meluas dan menyatu dengan lingkungan kerja
  • Layanan awan yang menjamur dengan kapasitas besar yang memungkinkan layanan email gratis memiliki attachment besar yang bisa dibuka dari manapun

Maka Microsoft akan mengeluarkan email server Microsoft Exchange 2013 mampu menjawab tren-tren di atas. Di bawah ini ada beberapa fitur yang relevan :

  • Akses email dengan nyaman meski koneksi internet sering putus : Paling enak mengakses email melalui aplikasi email client seperti Microsoft Outlook. Namun Exchange 2013 juga bisa diakses melalui web browser menggunakan fasilitas OWA (Outlook Web Access). Sekarang bahkan OWA bisa mendukung koneksi offline, di mana kita bisa tetap bekerja dengan email meskipun sedang tidak ada koneksi, dan konten secara otomatis akan disinkronisasikan koneksi internet mencukupi. Fitur ini sangat mendukung, terutama untuk kondisi di Indonesia di mana sambungan broadband masih tidak merata
  • Akses email menggunakan berbagai perangkat : Sekarang ini sudah umum orang membawa perangkat cerdas lebih dari satu (misalnya laptop, tablet, dan smartphone). Microsoft Exhange 2013 memiliki berbagai tampilan yang disesuaikan dengan ukuran layar sehingga nyaman untuk dibaca dari berbagai perangkat tadi. Seperti contoh di bawah di mana OWA ditampilkan melalui tiga layar yang berukuran berbeda.
image

 

  • Integrasi dengan jejaring sosial : sekarang kita bisa memiliki berbagai kontak yang diambil dari berbagai sumber termasuk media sosial seperti facebook, linkedin, atau yang lain. Setelah kita terhubung dengan media sosial, maka semua foto, status, dan informasi lain dari setiap kontak kita akan terlihat melalui sebuah antar muka saja. Hal ini juga akan memudahkan kita jika mencari kontak, karena pencarian akan melebar ke media sosial juga.

image

  • Ukuran attachment besar : Ukuran attachment dari setiap user sebenarnya diatur oleh administrator, pada umumnya maksimum diset pada 20 MB, tapi angka ini bisa diperkecil atau diperbesar sendiri oleh administrator, disesuaikan dengan kebijakan tata kelola. Yang terbaik adalah membuat angka ini sama dengan nilai terbesar dari kebanyakan penyedia email publik supaya meminimalkan resiko penolakan karena attachment terlalu besar.

Kebijakan Pemerintah dan Tata Kelola

Selain keunggulan di atas, bagi instansi pemerintah dan penyelenggara layanan publik, penggunaan email server milik sendiri dengan data yang terletak di dalam Indonesia juga sesuai dengan peraturan pemerintah PP 82 tahun 2012 PSTE (Penyelengaraan Sistem Transaksi Elektronik). Seperti berbagai PP/UU yang ada di Indonesia yang pada umumnya mencakup hal yang sangat luas, maka PP ini juga berlaku bagi siapapun/apapun yang berada di bawah naungan hukum negara Republik Indonesia, dan mewajibkan adanya Data Center ada di Indonesia (termasuk email server).

No comments: