Thursday, November 1, 2012

Windows 8 – Use Windows 8 Without Touch Screen

Windows 8 sebenarnya sangat mudah digunakan meski tanpa touch screen. Berikut ini tips dari saya :

Ketika PC baru saja hidup, maka kita akan mendapatkan layar komputer seperti ini :

WP_000295 (2)

Untuk login dengan cepat, cukup tekan tombol “CONTROL”, maka layar akan menggulung ke atas, dan anda segera bisa memasukkan password di kotak password seperti ini :

WP_000296 (1)

Setelah itu kita akan disajikan menu START seperti di bawah :

image

LANGKAH PERTAMA – RAPIHKAN APLIKASI DI PC ANDA

Uninstall semua aplikasi yang tidak berguna – caranya klik kanan pada icon yang bersangkutan, nanti akan muncul bar di bawah seperti ini, pilih UNINSTALL. Lakukan semua pada aplikasi yang tidak ada perlukan.

image

Unpin semua aplikasi yang sangat jarang dipakai – Untuk semua aplikasi lain yang bakal jarang terpakai, kita bisa unpin dari start menu dan/atau dari taskbar (ini ada di Desktop). Caranya seperti di atas (klik kanan dan pilih menu unpin).

INSTALL aplikasi yang akan berguna – silahkan pilih aplikasi mana yang anda sukai dari Store image  atau bisa diinstall melalui Desktop (tekan WIN D untuk ke Desktop, dan tekan WIN untuk kembali ke Start menu ini).

Susun aplikasi-aplikasi berdasarkan kategori (misal Office, Main, Demo, Game, dsb) – caranya larikan kursor mouse anda ke sudut kanan bawah layar anda, maka akan muncul Charm menu dan kotak kecil dengan tanda minus di sudut kanan bawah, kemudian klik kotak tersebut.

image

Begitu kotak itu diklik maka seluruh icon akan mengecil :

image

Setelah itu silahkan klik kanan untuk memberi nama group image  dan tekan enter setelah selesai

Untuk memperbesar seluruh icon menjadi bentuk semula, silahkan klik wallpaper anda.

image

Sekarang seluruh icon (live tile) akan tersusun rapih dan jumlahnya juga sedikit dan kita tidak perlu lagi untuk scroll ke kiri atau ke kanan. Btw., scroll ke kiri atau ke kanan juga gampang, cukup geser mouse sampai mentok di frame kiri atau kanan maka layar otomatis tergeser. Atau bisa juga menggunakan PgUp atau PgDn.

BEKERJA DENGAN DESKTOP

Nah sekarang kita siap untuk bekerja dengan desktop. Cukup tekan “WIN D” (Desktop) untuk lari ke Desktop :

image

Nah sekarang anda bisa bekerja seperti menggunakan Windows 7.

Coba perhatikan bahwa di sini tidak ada lagi menu START (di sudut kiri bawah) seperti di Windows 7. Jika kita membutuhkan START menu, maka kita bisa tekan tombol fisik “WIN”, nanti anda akan kembali ke MODERN UI (aka METRO).

MENCARI INFORMASI

Untuk mencari informasi cukup tekan “WIN” dan langsung ketik kata kunci yang anda cari. Kata kunci ini bisa berupa apa saja. Mulai dari judul file, teks di dalam file, judul gambar/video, atau nama aplikasi (seperti word, powerpoint, dsb), atau apapun.

Misalkan saya ingin mencari kata “happy” maka saya tekan WIN kemudian langsung saya ketik happy , hasilnya seperti ini :

image

Pada saat kita menekan WIN maka layar kembali ke START menu, dan ketika kita ketik happy maka kata happy akan terlihat di kotak search, dan tanpa menekan enter kita sudah bisa melihat bahwa tidak ada aplikasi bernama happy, atau setting yang berhubungan dengan happy, tapi ada banyak file yang berisi kata happy di judul maupun di isinya.

Jika kita klik FILES maka hasilnya seperti ini :

image

Semua hasil pencarian akan dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, mulai dari “ALL”,  “Document”,  “Pictures”,  “Music”, atau “Others”. Dan masing-masing ada informasi berapa banyak kata tersebut ditemukan.

Jika kita klik icon “BING” maka hasilnya seperti ini :

image

Bing akan mencari semua kata happy di Internet, dan dikelompokkan ke dalam bentuk WEB atau IMAGES.

Ini gambar jika kita klik Images :

image

Di sini kita bisa geser gambar ke kiri atau kanan menggunakan roda scroll di mouse.

Kita bisa mencari related search dengan menekan tombol CONTROL dan scroll roda mouse.

image

Silahkan mencoba-coba sendiri. Bing di Windows 8 sangat powerful dan menyenangkan untuk dicoba-coba.

TASK SWITCHING

Metode task switching yang paling saya sukai adalah melalui CONTROL TAB , kemudian hover mouse ke miniatur window yang kita tuju seperti ini :

image

Cara ini akan menampilkan semua window di DESKTOP maupun di MODERN UI (aka METRO).

Cara lain adalah dengan membawa cursor mouse ke sudut kiri bawah, tidak usah diklik, kemudian akan muncul kotak start kecil (di kiri bawah) seperti ini image

Sekarang geser mouse menelusuri frame ke arah atas, maka kotak start itu tiba-tiba membesar dan seluruh window dari MODERN UI akan keluar di situ :

image

Cara lain adalah cara Windows 7, yaitu melalui super taskbar di bawah. Silahkan hover mouse di atas icon yang sedang aktif, misalnya seperti ini :

image

Lalu mouse bisa diarahkan ke window-window kecil di atasnya.

MEMASANG PROJECTOR

Tekan WIN P (projector) , dan pilih mana yang anda sukai, biasanya untuk presentasi atau bekerja dengan dua layar, saya selalu memilih EXTEND.

image

SHUTDOWN

Sebetulnya Windows 8 tidak perlu shutdown, cukup sleep (tekan tombol power untuk sleep). Tetapi jika anda memang ingin shutdown maka urutannya adalah : Win C (ini memanggil Charm)

image

Kemudian pilih SETTINGS, dan pilih POWER di bagian bawah.

image

LOCK SCREEN

Jika kita sedang bekerja, kemudian ingin meninggalkan komputer sebentar, maka tekan saja WIN L (“lock”) untuk mengunci komputer anda.

No comments: