Sunday, November 25, 2012

Menghindari kemacetan jalan melalui Bing Maps Traffic di Windows 8

image

Kemacetan di Jakarta adalah gaya hidup. Itu kata sebagian penduduk Jakarta yang kerap terjebak kemacetan. Ada beberapa cara menghindari kemacetan, salah satu diantaranya adalah dengan memanfaatkan teknologi Real-time traffic monitoring.

Real time traffic monitoring ini membutuhkan infrastruktur yang terpasang di jalan-jalan raya. Sayangnya di Indonesia infrastruktur ini belum terpasang. Namun demikian Bing Maps di Windows 8 dapat menampilkan kondisi lalu litas Jakarta dengan lumayan baik, dengan memanfaatkan berbagai informasi yang tersedia. Tentunya dengan berbagai keterbatasan, maka Bing Maps hanya memonitor jalan-jalan tertentu di Jakarta saja (tidak mampu memonitor sampai jalan/gang kecil.

Dengan tablet touch screen, kita bisa buka Bing Maps, kemudian swipe dari bawah ke atas, atau jika menggunakan mouse, klik kanan, untuk melihat menu di bawah ini :

image

Di situ kita bisa klik “show traffic” untuk melihat situasi kemacetan jalan raya.

Gambar di bawah diambil hari Minggu, pukul dua siang tadi. Nampaknya lalulintas Jakarta tidak terlalu padat jika dilihat dari peta Bing Maps ini :

image

Situasi kemacetan jalan ditunjukkan melalui kode warna : Hitam, Merah, Kuning, dan Hijau. Hitam adalah yang paling macet, sementara Hijau adalah yang paling lancar.

Bing Maps menggunakan layanan dari Nokia Navteq yang memberikan layanan peta, lokasi, dan informasi lalu lintas secara real-time. Di negara yang infrastrukturnya sudah baik, kita bahkan bisa mendapatkan informasi kecepatan kendaraan di jalan raya utama atau jalan kecil, kejadian-kejadian seperti kecelakaan di jalan raya seperti di bawah ini :

image

Teknologi Navteq ini sangat canggih karena bisa menganalisa lalu lintas dari berbagai sumber seperti dari berbagai perangkat sensor komersial dan konsumer, sumber-sumber data dari pemerintah atau dari sumber-sumber rekaman lalu lintas yang lain.

Sayangnya untuk di Indonesia informasi sedetail ini belum ada… Namun demikian, jika anda sudah memiliki tablet Windows 8, maka anda bisa mencoba antisipasi kemacetan jalan di Jakarta dengan navigasi menggunakan Bing Maps :)

No comments: