Thursday, November 15, 2012

IE 10 on Non Touch Screen PC

Internet Explorer versi 10 adalah browser bawaan Windows 8. Browser ini sangat nyaman digunakan di tablet dengan layar sentuh, namun sebenarnya bisa juga digunakan di PC tanpa layar sentuh dengan sedikit proses pembelajaran :)

Ini adalah tampilah Windows 8 pada saat pertama kali login :

image

Jika kita klik tile IE maka IE 10 Modern UI akan muncul seperti ini :

image

Di sini segera terlihat perbedaan dengan IE biasa yang berjalan di desktop :

  • tidak ada bingkai
  • kotak alamat URL terletak di bagian bawah

Secara default IE 10 akan memiliki home page mesin pencari Bing. Silahkan coba dengan mencari suatu kata (misalnya “Happy”), maka Bing akan memunculkan hasil pencarian seperti ini.

image

Jika kita ingin membuka semua hasil, silahkan tekan CONTROL dan CLICK tombol kiri mouse, maka anda akan bisa membuka banyak tab sekaligus. Di layar IE 10 tab tidak ditampilkan, tetapi jika kita tekan tombol kanan di halaman mana saja (asalkan bukan URL) maka akan muncul seperti ini :

image

Voila ! di bagian atas terlihat tab-tab IE10 lengkap dengan preview. Tab-tab tersebut akan loading di latar belakang. Kita bisa buka atau close halaman-halaman tersebut.

Tapi kalau kita klik kiri di URL maka yang akan muncul adalah halaman mana yang paling sering dikunjungi dan juga Favorites. Terlihat di bawah ini halaman-halaman tersebut cukup panjang, dan kita bisa scroll kiri atau kanan menggunakan roda yang ada di mouse.

image

Jika ada website yang anda benar-benar sering gunakan (misalnya Facebook), maka kita bisa klik pada Facebook dan klik tombol PIN SITE (di bagian kanan bawah) dan kita bisa menjadikan Facebook muncul di Start menu atau Favorite. Silahkan coba “Pin to Start”

 

image

Klik Pin to Start, lalu kita bisa memberi nama.

image

Setelah itu tile Facebook segera muncul di start menu di ujung kanan atas (silahkan klik tombol windows anda) :

image

Tekan kembali tombol Win atau Win Tab untuk kembali ke IE 10 tadi.

Di IE 10 kita juga bisa menambahkan tab baru caranya dengan klik kanan di halaman kemudian pilih tombol (+) di sudut kanan atas.

image

Kemudian kita akan disajikan halaman kosong dengan URL yang bisa diisi :

image

Btw., di bagian kiri terlihat tile “Facebook” yang barusan kita jadikan Pin.

Untuk menutup IE 10 kita bawa mouse ke bagian paling atas layar, klik kiri , tahan dan tarik ke bawah, maka aplikasi akan menutup.

IE 10 juga mendukung Flip Ahead, suatu fitur yang sangat menyenangkan untuk tablet, karena kita bisa swipe ke kiri untuk NEXT. Kita bisa juga aktifkan di PC tanpa touch screen. Caranya ketik Win C (panggil menu Charm), lalu pilih setting, dan hidupkan Flip Ahead :

image

Setelah flip ahead hidup maka jika kita browsing dan di dalam halamannya ada “next” , maka tombol panah ke kanan akan muncul di bagian kanan halaman seperti ini :

image

Beberapa keunggulan IE 10 di Modern UI :

  • Saat ini merupakan browser paling aman (karena arsitektur Modern UI memaksa setiap aplikasi berjalan di sandbox – semacam penjara yang terisolasi). Sehingga IE 10 di Modern UI merupakan browser pilihan saya ketika melakukan berbagai transaksi yang membutuhkan keamanan
  • Saat ini juga merupakan browser tercepat. Silahkan kunjungi http://www.beautyoftheweb.com/ yang menunjukkan berbagai aplikasi yang berjalan di browser modern

Sementara kekurangan IE 10 di Modern UI (kekurangan ini tidak terdapat pada IE 10 versi Desktop) :

  • Tidak mendukung add-on atau plug in yang seringkali diperlukan untuk kenyamanan browsing –> dari sisi positifnya, add-on/plug in adalah sumber celah keamanan pada browser dan juga sumber tidak stabilnya browser

Selamat mencoba !

No comments: