Wednesday, June 23, 2010

Menulis HANACARAKA UNICODE font di Komputer

Anda ingin menulis aksara Jawa (hanacaraka) versi UNICODE dengan mudah ?

Anda bisa melakukannya dengan mudah dan GRATIS menggunakan Microsoft Keyboard Layout Creator. Aplikasi ini merupakan program gratis yang memungkinkan setiap pengguna komputer membuat susunan keyboard yang kustom. Salah satu kegunaannya adalah untuk mengetik dalam huruf non latin. Misalnya untuk mengetik dalam huruf jawa (hanacaraka) versi Unicode.

Download Microsoft Keyboard Layout Creator versi 1.4  (terakhir) di sini : http://www.microsoft.com/downloads/en/confirmation.aspx?familyId=8be579aa-780d-4253-9e0a-e17e51db2223&displayLang=en

Install dan jalankan :

image

Pilih File-Load Existing Keyboard- US International, kemudian kita akan mendapatkan layout seperti ini :

image

Kemudian View-Font-Adjisaka :

image

Kemudian map masing-masing karakter latin menjadi padanan hanacarakanya, seperti ini :

image

Testing menuliskan nama saya (Tony Seno ditulis sebagai etoni eseno) :

image

Save as “hncrk”

Build keyboard : Project-Build DLL

image

Nah sekarang kita sudah punya SETUP FILE nya ! Siap untuk dibagikan ke siapa saja yang membutuhkan Keyboard Jawa ini !

image

Untuk install, silahkan double click Setup :

image

Di pojok kanan bawah sekarang ada gambar keyboard layout, anda bisa pilih US (untuk mengetik bahasa Indonesia biasa) atau Javanese Characters untuk mengetik menggunakan Aksara Jawa Unicode.

image

Untuk mencobanya, silahkan Microsoft Word, pilih font “adjisaka” (font ini bisa di download gratis di http://adjisaka.com/ ) , kemudian pilih keyboard Javanese Character tadi :) sekarang anda bisa mengetik langsung HANACARAKA menggunakan UNICODE !!

Lihat contoh di bawah nama saya dalam Unicode Hanacaraka :

image

32 comments:

Jusuf Agung said...

Terima kasih atas petunjuknya. Saya sudah melaksanakannya, tapi mengalami kesulitan saat melakukan mapping character karena di Unicode 5.2.0, aksara Jawa yang terdaftar hanya aksara dasar. Pasangan, Aksara Swara, Pasangan Murda, dan tanda vokal untuk pasangan, tidak ada.

Bolehkah saya meminta setup keyboard yang telah Anda buat? E-mail saya di jusuf_agung@yahoo.co.uk.

Terima kasih.

Jusuf said...

Terima kasih atas petunjuknya. Saya sudah melakukannya, namun mengalami kesulitan di mapping karena daftar Unicode UA980-A9DF hanya memuat aksara standar, dan tidak memuat aksara pasangan, pasangan murda, swara, pasangan re dan le, dsb.

Apakah ada kode Unicode untuk aksara Jaa selain UA980-UA9DF? Bagaimana saya dapat memiliki file setup keyboard untuk adjisaka yang Anda miliki? Terima kasih banyak atas bantuan Anda.

Tony Seno Hartono said...

Pak Jusuf,

Saya mengalami kesulitan yang sama, karena memang yang terdaftar di unicode.org baru karakter dasar saja. Sehingga setup keyboard yang saya buat juga tidak lengkap.

Saya sedang mengembangkan suatu transliteration input method (IME) untuk tulisan hanacaraka ini, let's see apakah bisa memanfaatkan karakter unicode yang ada ;) nanti saya akan blog kalau IME nya sudah keluar.

Saat ini belum ada aksara yang di luar UA980-UA9DF. Kami sendiri berniat untuk melengkapi aksara ini dan membuatnya menjadi SNI atau standar internasional.

Kien said...

Mas Tony.. saya udah coba langkah-langkah seperti yg mas posting, tapi kok hasilnya masih huruf biasa ya?? Kalo bole saya minta Setup yang udah jadinya boleh g mas...? thank's Email : ndy_ferraris@yahoo.co.id

Tony Seno Hartono said...

Saya sudah publish versi alpha dari keyboard hanacaraka di http://bit.ly/ailkB0 ; sementara keyboard ini hanya bisa menulis aksara dasar... karena standard untuk uniscribe hanacaraka belum ada sampai sekarang...

Selamat mencoba, ditunggu feedbacknya :)

naomi said...

pak... bisa minta tolong... tolong ditransliterasi TRISTAN dlm hanacaraka gaya bali.. thanx a bunch..

Putu Wiramaswara Widya said...

sama seperti bali, aksara sandangan tidak ada standarnya. tapi toh standar unicode di bali tetap begitu, lalu bagaimana caranya?

karena aksara sandangan itu mewakili konsonan utama, jadi si pembuat standar unicode jawa tidak memasukkan ini. untuk itu harus dibuatkan sistem fonta pintar, misalnya dengan teknologi opentype dan graphite.

tapi sayangnya, penggunaan opentype hanya dibatasi untuk script tertentu saja. sedangkan graphite walaupun prospeknya bagus, tapi hanya bisa digunakan di beberapa aplikasi (contohnya openoffice.org for windows). microsft tak pernah peduli untuk membuat standar opentype khusus aksara jawa, tidak seperti devanagari, oriya, malayalam, dan aksara indic lainnya.

http://www.wirama.web.id/2010/10/fonta-dan-metode-input-aksara-jawa.html

kebetulan di linux dukungan rendering pintar untuk semua jenis script ada. jadi saya iseng buat sistem ini :D

Tony Seno Hartono said...

Pak Putu, senang sekali saya ada rekan yang juga tertarik dengan aksara lokal. Saya sudah melihat blog anda, tapi belum mencobanya di linux.

Apakah anda bisa menuliskan dalam huruf jawa kata-kata yang lebih kompleks (melalui font unicode standard) seperti : hambyur, liwat kreteg, mangan krupuk ?

Putu Wiramaswara Widya said...

salam kenal.

pak tony, silahkan mencoba untuk mengunduh openoffice.org for windows versi 3.2 di website http://www.openoffice.org

kemudian pasang font yang saya buat + jalankan dokumen percobaannya yang bisa diunduh dari http://dl.dropbox.com/u/703935/aksara%20jawa%20testing%20for%20openoffice.zip.

itu semua murni menggunakan unicode aksara jawa.

Putu Wiramaswara Widya said...

setelah membaca ini :

http://xa.yimg.com/kq/groups/19096345/1816094909/name/Kabar+Gembira.doc

saya rasa implementasi opentype dengan uniscribe tidak masalah untuk aksara jawa, saya pernah membuat fonta aksara bali dengan opentype, hanya saja tidak bisa jalan di windows karena implementasinya belum ada. saya bisa memanfaatkan teknik calt untuk penggunaan sandangan dan konjungsi.

Tony Seno Hartono said...

Pak Putu, artikel (doc) yang anda baca itu memang benar histori percakapan saya dg pak Ki Demang :)

Secara teknis, dukungan uniscribe sendiri sebenarnya tidak sulit dimasukkan ke windows (atau ke OS lain). Namun diperlukan pendekatan yang terstruktur untuk memastikan komputerisasi hanacaraka ini terlaksana.

Pertama-tama, institusi pendidikan di Indonesia harus bersedia meneliti dokumen2 beraksara jawa/kawi, kemudian bersama2 kita membuat prototype unicode/uniscribe untuk aksara ini, kemudian coba digitalkan semua konten lawas beraksara jawa/kawi. Microsoft memiliki resource di 5 pusat inovasi di 5 universitas terkemuka di Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan ini :) setelah itu kita bisa mulai bicara ttg standarisasi unicode hanacaraka/kawi yg lebih baik, dan kita bisa mulai membayangkan adopsi global dari huruf ini :)

Putu Wiramaswara Widya said...

ok baik itu tidak masalah
hanya saja saya punya usul, untuk sistem inputnya, saya rasa lebih baik diterapkan seperti sistem yang digunakan oleh pinyin. tidak hanya sekedar memetakan papan ketik saja.

misalkan, jika kita menulis kata INDONESIA, pengguna hanya cukup menekan indonesia di papan ketik, bukan dengan inedoensY. Bagaimana jika ini diterapkan? Coba bayangkan jika mereka semudah itu mengetik, anak muda tertarik belajar aksara semua. Misalnya mereka akhirnya paham "Oh begini ya cara menulis Indonesia" karena menerapkan sistem ini.

Jangan panggil saya pak, saya baru 17 tahun dan belum lulus SMA :D

Tony Seno Hartono said...

Baiklah Putu :) input model pinyin sebenarnya sudah ada dengan memanfaatkan beberapa aplikasi komersial, ada develop sendiri (ada di rencana saya). Tapi saat ini prioritas yang lebih utama adalah mendapatkan dukungan uniscribe hanacaraka di Windows, tanpa uniscribe maka metode pinyin tidak akan bisa digunakan.

Btw., yang kamu kerjakan sudah luar biasa ! tolong kabari kalau kamu sudah bisa mengetik kata2 yang kompleks seperti yg saya sebut sebelumnya ( hambyur, liwat kreteg, mangan krupuk )

Putu Wiramaswara Widya said...

ya udah, tapi masih di linux
di windows saya maunya buat sistem ini dengan keymagic [0]. alternatif keyman yang komersial

[0] http://keymagic.googlecode.com

R.S. Wihananto said...

Salam kenal, Pak Tony,
Saya sudah berhasil membuat font Unicode aksara Jawa dengan smart rendering SIL Graphite dan keyboard layout dengan MS Keyboard layout creator. Font ini adalah font Unicode murni, men-support penulisan yang kompleks, seperti "mangan krupuk", "liwat kreteg", dsb. Input aksara Jawa tidak perlu seperti Kanji karena keyboard biasa sudah cukup. Silakan kalau mau coba, sudah saya publikasikan di
http://sites.google.com/site/jawaunicode/ .

Tony Seno Hartono said...

Salam kenal juga pak Wihananto, suatu hasil kerja yang luar biasa ! saya sudah mencobanya menggunakan SIL Worldpad v5 & hasilnya bagus sekali :)

Btw. URL anda utk SIL Worldpad sepertinya harus diubah menjadi http://scripts.sil.org/cms/scripts/page.php?site_id=nrsi&id=WorldPadDownload

R.S. Wihananto said...

Terima kasih atas compliment dan koreksinya. Maaf, memangnya WorldPad versi 5 sudah ada? Saya periksa di situsnya SIL, yang termutakhir adalah versi 2.8.

Tony Seno Hartono said...

Oops, anda benar, saya salah lihat. Yang versi 5.0 adalah SIL FieldWorksnya. WorldPadnya sendiri versi 2.8

R.S. Wihananto said...

Terima kasih atas compliment dan koreksinya. Maaf, memangnya WorldPad versi 5 sudah ada? Saya periksa di situsnya SIL, yang termutakhir adalah versi 2.8.

bmabj said...

member SINAU NULIS JAWA di Facebook sudah mencapai 2,733 member

http://www.facebook.com/groups/159027967494467/

bmabj said...

member SINAU NULIS JAWA di Facebook sudah mencapai 2,733 member

http://www.facebook.com/groups/159027967494467/

sakti risfita said...

pak tony,

saya sudah coba tapi waktu memilih font, type font adjisaka kog tidak muncul adjisaka, yang ada reguler bold dan italic, apakah fontnya berbeda?

Tony Seno Hartono said...

Font Adjisaka memang harus diinstall dahulu. Font ini bisa di download gratis di http://adjisaka.com/

sakti risfita said...

iya, saya sudah install pak, tetapi yang terlihat hanya huruf latin biasa, tidak terlihat aksara jawanya waktu memilih view->font ..

Tony Seno Hartono said...

Huruf jawanya memang hanya bisa ditulis menggunakan unicode, coba install keyboard jawa tersebut di atas, karena kode ASCIInya memang beda..

Sakti Risfita said...

ok pak, saya mengerti. Terima kasih :D

Nara said...

cara mappingnya bagaimana om?

Alletha Chandra Kirana said...

cara mappingnya gimana om?

Anonymous said...

cara mappingnya gimana om?

Tony Seno Hartono said...

Cara mapping melalui Microsoft Keyboard Layout Creator, huruf A dimap ke HA dsb.

primagama probolinggo said...

trims sebelumnya atas info yg sngt menarik ini. saya sdah mencoba dngn MSKLC, dan kebetulan saya memakai windows 8 dan office 2010. ketika saya coba build dll-nya, muncul permintaan pengubahan properties dan abis gitu sukses namun ada pengecualian..."succes with notification" trus keluar log notifikasinya...dan ketika saya coba di word pilihan language-nya ndak mau muncul. mohon bimbingannya

Tony Seno Hartono said...

Windows 8 memang tidak kompatibel dengan Microsoft Keyboard Layout Creator (utk saat ini, Maret 2013). Namun kami sedang mempertimbangkan solusinya. Akan saya update via blog ini nanti jika sudah ada solusinya.