Monday, June 21, 2010

Mencoba Internet Aman untuk Anak-Anak di Windows 7

Aplikasi ini gratis untuk semua pengguna Microsoft Windows, silahkan kunjungi web site ini : http://explore.live.com/windows-live-family-safety

image

Download, jalankan, dan pilih “Family Safety” :

image

Setelah install muncul “Windows Live Family Safety” di start menu :

image

Klik “Windows Live Family Safety”, kemudian kita akan diminta setup account untuk anak dan orang tua.

image

Di atas adalah screen capture dari komputer saya. Saya belum punya user id untuk anak, dan saya akan coba aktifkan family safety ini untuk saya sendiri, silahkan centang Monitor Account untuk “tonyseno”. Jika anda punya anak kecil, silahkan click “create a new standard windows account” dan buat nama anak anda di situ, dan centang monitor account.

Setelah itu anda bisa kustomisasi keamanan anak anda seperti layar di bawah ini, click saja goto family safety web site (di bawah Customize settings for your family) :

image

Di sini saya mencoba setting untuk saya sendiri “STRICT” yang hanya bisa browsing situs anak-anak saja….

Mari kita pastikan bahwa Family Safety sudak aktif :

image

Saya coba buka situs jejaring sosial Facebook…. ternyata diblok ! maklum situs jejaring sosial memang tidak aman untuk anak-anak :

image

Untuk melihat mana situs-situs yang aman untuk anak-anak silahkan klik di bagian bawah peringatan ini “see a list of child friendly websites” :

image

Di sini sudah disediakan search engine yang juga dikustomisasi untuk anak-anak, jadi seandainya anak-anak mencari kata-kata yang menjurus, dia hanya akan mendapatkan hasil yang aman :)

No comments: