Friday, June 11, 2010

Install Ubuntu Netbook 10.4 di Windows Server 2008 R2 Hyper-V di Laptop :)

Setelah cukup kenyang menggunakan Windows 7 di laptop, sekarang saya ganti OS lagi menjadi Windows Server 2008 R2…. :) Mengapa Server ? soalnya saya ingin mencoba berbagai operating system di laptop, dan cara paling enak adalah dengan menggunakan Hyper-V yang ada di Windows Server 2008 R2 :)

Pertama-tama panggil Server Manager menggunakan privilege Administrator :

image

Add server role Hyper-V :

image

Supaya guest OS bisa bicara dengan dunia luar tick LAN connection :

image

Setelah itu siap-siap untuk melakukan Reboot :)

Setelah reboot, kita start kembali Server Manager, dan akan mendapat pesan sbb :

image

Tambahkan Virtual Machine :

image

Connect ke Server di Local Computer, kemudian tambahkan Virtual Machine :

image

Kemudian specify name & location :

image

Kemudian di bagian jaringan saya pilih “Local Area Connection – Virtual Network”.

Saya konfigur VHD sebesar 20 GB. Dan setelah finish saya lihat di folder d:\vdisk , ternyata VHDnya cuma 42 KB (karena belum diinstall apapun :)

image

 

Di Server Manager, pilih Virtual Machine “Ubuntu Desktop”, kemudian “Settings”, “IDE Controller”, “DVD Drive” seperti di bawah ini, kemudian isi “Image File” nya…

image

Setelah itu anda bisa boot virtual machine anda & install Ubuntu di situ :)

Selamat mencoba :)

No comments: