Friday, June 18, 2010

Hanacaraka - Aksara Jawa di Windows 7

Download font di sini : http://hanacaraka.fateback.com/disclaimer.htm , kemudian extract file zip tersebut di sebuah folder. Setelah itu klik kanan file .TTF dan klik “Install”….

image

Setelah selesai install maka anda bisa langsung memanfaatkan font tersebut di aplikasi Windows, misalnya Microsoft Word, pilih saja font “Hanacaraka” seperti di bawah ini :

image

Dan di bawah ini adalah keyboard mapping di laptop saya Lenovo T61p, bagusnya di sini terlihat bahwa mapping latin-jawa sudah mewakili sebagian besar huruf jawa yang benar. Namun perlu diperhatikan bahwa jumlah huruf jawa lebih sedikit daripada huruf latin, sehingga huruf-huruf seperti Q, X, Z dipetakan ke huruf lain…

image

Sekarang anda bisa menulis langsung ke dalam aksara jawa ini, misalnya saya ingin menulis : “nama saya toni seno hartono dan saya tinggal di jakarta selatan indonesia” maka saya bisa menulis sebagai berikut :

nmsy[tonise[noa/[to[nofnSyti=glFijk/tseltnHi[nFonesiy

Tulisan di atas memang terlihat aneh, di mana kita tidak perlu menuliskan huruf “a” (karena abjad jawa sudah otomatis berbunyi “a” seperti ha na ca ra ka dsb”, dan jika ingin menulis “o” maka huruf tersebut harus diapit dengan [ dan o, seperti “to” ditulis sebagai “[to”. Huruf akhiran “r” seperti “har” harus di"’coret’ menggunakan / . dsb….

jika anda memilih font Hanacaraka tadi maka tulisan ini akan terlihat sebagai :

image

Alternatif lain adalah menggunakan aplikasi HANACARAKA buatan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta yang bisa melakukan konversi text biasa (huruf latin) ke aksara hanacaraka. Aplikasi ini bisa didownload di : http://www.4shared.com/file/92876786/86c7b06e/HANACARAKA_v10.html

image

Kita sebagai bangsa Indonesia (Jawa pada khususnya), patut berbangga hati karena aksara jawa hanacaraka ini sudah terdaftar sebagai unicode, dan di bawah ini adalah contoh simbol-simbol yang terdaftar :

Informasi yang lebih detail ada di sini : http://www.unicode.org/charts/PDF/UA980.pdf 

 image

6 comments:

Anonymous said...

Akhirnya dapat juga font Hanacaraka,
Tq mas ya

Aliph Pakingso said...

terimakasih untuk informasinya

wahyu said...

matur nuwun mas bro...........
softwere menika ingkang kula betahaken, mugi-mugi saget manfaat.
ngaturaken sukses dumateng panjenengan.

Anonymous said...

Mantep mas, suwon yaaa, gak kayak blog laen..upload ke ziddu.com, file sharing cacad sedunia..masa download aja gak bisa n banyak syaratnya!

SMK Hasanuddin Pare said...

matur nembah nuwun softwaripun jawi, nanging lak saget dipon lengkapi kalian setting keyboard ipun supados saget dipon damel nulis teng internet khususipon
menawi kagungan kulo nyuwun dipon kirimaken teng e-mail sekolah kulo
smk.hasanudin.pare.kediri@gmail.com

SMK Hasanuddin Pare said...

lak wonten software kagem setting regionalipon kulo mbok nggeh dipon kirimi supados saget negetik teng internet maturnuwun