Monday, August 10, 2009

Evolusi Mesin Pencari menjadi Mesin Komputasi Pengetahuan “WolframAlpha”

Jika anda pernah mencari sesuatu di Internet menggunakan search engine yang ada (bing atau google atau yang lain) dan tidak menemukan jawabannya, mungkin anda bisa mencoba mencarinya dengan Wolfram Alpha.

Namun sebenarnya Wolfram Alpha bukanlah search engine, melainkan “Computational Knowledge Engine”, yaitu suatu mesin yang melakukan kalkulasi terhadap pengetahuan (yang ada di Internet saat ini).

Wolfram Alpha mencoba menjawab pertanyaan melalui bahasa manusia dan menjawabnya melalui perhitungan matematika yang rumit. Contoh pertanyaan yang bisa ditanyakan ke Wolfram Alpha misalnya “who is the tallest human ?”

Wolfram Alpha : “height of the tallest person ever recorded: Robert Wadlow”, selain itu juga WolframAlpha memberi tahu hal-hal lain seperti tingginya 8.93 feet, atau 2.98 yards, atau 8;11”, atau 272 cm…. bahkan dalam ukuran tahun cahaya yaitu 9.1ns …

Pertanyaan lain yang lebih serius seperti “Indonesia GDP” menghasilkan informasi sangat lengkap seperti berikut :

image

Pertanyaan lain yang lebih kompleks seperti “5 largest cities in Indonesia” menghasilkan :

image

Beberapa hal lain yang bisa kita lakukan misalnya :

  • membandingkan 2 perusahaan melalui simbol sahamnya, misalnya Microsoft vs Oracle, cukup ketik “MSFT ORCL”
  • melihat apa yang spesial dari suatu tanggal, misalnya 17 Agustus 1945, ketik saja “August 17, 1945”
  • mencari gedung tertinggi di dunia, ketik “tallest building”
  • dan sebagainya

Saat ini Wolfram Alpha hanya mengerti kata-kata tertentu saja, namun mudah-mudahan dengan majunya waktu, Wolfram Alpha menjadi semakin canggih dan suatu saat nanti kita bisa menanyakan apa saja menggunakan kata-kata yang natural, dan Wolfram Alpha (atau mungkin Engine lain) akan dapat menjawabnya dengan akurat.

Dan jika saat itu terjadi, maka Internet berpotensi menjadi sumber kecerdasan dan keputusan umat manusia…

Mudah2an saja pada saat itu hidup kita tidak sepenuhnya tergantung Internet. Bayangkan saja alangkah ngerinya kalau untuk menentukan hari ini kita mau mengerjakan apa saja harus tanya dulu ke Wolfram Alpha…

No comments: