Tuesday, May 19, 2009

Internet Explorer versi 8 vs Google Chrome versi 2

Testing ini saya ulang kembali karena ada pembaca yang meragukan metode saya….

Nah sekarang lebih jelas, IE8 selalu lebih cepat daripada Chrome…

Metode yang saya gunakan :

  • Cache diclear dulu utk kedua browser
  • Browser IE8 di sebelah kiri, Chrome di kanan
  • Browser Chrome diclick menggunakan ENTER
  • Browser IE8 diclick menggunakan mouse
  • Ada jeda sepersekian detik, tapi yang diclick duluan adalah Chrome –> ini terlihat dari warna window : tombol IE8 berwarna merah artinya window IE8 aktif (atau yang belakangan diclick)
  • IE8 ternyata selalu lebih cepat meski Chrome diuntungkan sepersekian detik….

Testing ini sekaligus meyakinkan saya sendiri bahwa Google Chrome yang sangat terkenal dengan kecepatan loading & rendering halaman-halaman internet ternyata bisa dikalahkan dengan IE8, paling tidak di test2 yang saya lakukan ini untuk situs lokal seperti Kompas.com , detik.com , dan sebagainya….

image

Untuk situs detik.com :

image

IE8 bahkan lebih cepat menampilkan halaman ketika saya lakukan search (keduanya menggunakan Google Engine) “IGOS”

image

3 comments:

Anonymous said...

Seperti komparasi yang anda lakukan antara IE8 dan Safari, saya kira komparasi anda antara IE8 dengan Chrome sebaiknya bisa dijelaskan lebih detail. Saya lihat posisi kursor anda diatas Chrome, saya anggap anda melakukan request/browse dengan Chrome belakangan setelah IE8.
Bagaimana hasilnya bisa di-compare?

Tony Seno Hartono said...

@Anonymous - semua testing yang saya lakukan selalu : browser non-IE saya click pake keyboard, dan IE saya click pakai mouse....

Kebetulan di test ini memang kedua browser loading agak lambat (maklum situs lokal), jadi saya sempat geser2 mouse, sebelum saya click screen capture pake keyboard....

Kalau penasaran anda bisa coba sendiri aja ;)

Tony Seno Hartono said...

@Anonymous - biar anda nggak penasaran, testing saya ulang kembali, skr terlihat jelas bahwa IE8 memang terakhir kali diclick =)