Thursday, January 29, 2009

Merealisasikan Mimpi Indonesia melalui ICT

Kalau anda pemerhati IT Indonesia, anda akan mengetahui bahwa ada banyak sekali proyek IT bernilai besar yang berjalan sendiri-sendiri. Masing-masing membentuk pulau, yang tidak berbicara satu dengan lainnya. Pulau-pulau ini menyebabkan mimpi Indonesia tentang terwujudnya kehidupan yang adil dan makmur menemui banyak hambatan (teknis maupun non-teknis).

ICT dapat digunakan untuk membantu mewujudkan mimpi yang indah itu. Namun ICT saja tidak bisa berjalan sendiri.

  • Pertama-tama kita harus memiliki kesiapan dari SDM (Sumber Daya Manusia)
  • Kedua, pemerintah harus memiliki aturan main (regulasi/policy) yang jelas dan mendukung
  • Ketiga, adanya keinginan dan dorongan untuk saling berkolaborasi antara bagian-bagian/industri yang berbeda-beda

Dengan pondasi yang kuat maka kita bisa dirikan pilar-pilar untuk menunjang misi dan visi pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

National ICT Framework

Saya selama ini mengerjakan sebuah framework ICT yang bisa diterapkan di Indonesia. Dan di bawah ini adalah versi sederhananya :

image

Salah satu kunci yang paling penting di sini adalah Kolaborasi antar badan-badan pemerintah, pendidikan, kesehatan, dan industri.

Dan kolaborasi ini hanya memungkinkan jika kita semua memang ingin melakukannya !

Tidak usah kawatir mengenai pulau-pulau IT yang sudah terlanjur terbentuk, karena ada teknologi yang mampu menjadi pemersatunya. Dan teknologi ini amat bermanfaat untuk memaksimalkan apa yang sudah ada. Mulai dari sistem baru, lama, proprietary, open, dan sebagainya, bisa disatukan menggunakan Microsoft BizTalk Server Integration Platform.

Platform ini memungkinkan semua pilar yang ada bisa saling berkomunikasi dengan cepat, mudah dan efisien, dengan memanfaatkan apa yang sudah ada untuk merealisasikan mimpi mengenai terwujudnya masyarakat adil dan makmur tadi….

BizTalk

Microsoft BizTalk merupakan server Business Process Management (BPM). BizTalk memanfaatkan “adapters” yang memungkinkan setiap business process terintegrasi dan terotomasi, meskipun berasal dari sistem yang berbeda-beda.

BizTalk memiliki kemampuan-kemampuan : Business Process Automation, Business Process Modeling, Business-to-Business Communication, Enterprise Application Integration dan Message Broker.

Pada umumnya, BizTalk memungkinkan perusahaan/badan untuk mengintegrasikan dan mengatur business process dengan dara pertukaran dokumen bisnis seperti PO (Purchase Order) dan Invoice antara aplikasi-aplikasi yang berbeda, di dalam maupun antar organisasi yang berbeda.

Kemampuan BizTalk hampir tidak terbatas. BizTalk bahkan bisa memanfaatkan informasi RFID (Radio Frequency Identification) untuk melacak produk atau rekaman pasien. BizTalk server akan menghubungkan data dari pembaca RFID ke orang atau sistem yang memerlukan informasi tersebut untuk membuat keputusan-keputusan bisnis.

BizTalk digunakan di lebih dari 7,000 pelanggan di seluruh dunia, termasuk 90% dari Fortune Global 100 memanfaatkan BizTalk server untuk SOA dan Business Process Management.

BizTalk memanfaatkan arsitektur message-passing Extensible Markup Language (XML) untuk mengintegrasikan bermacam-macam aplikasi. BizTalk juga memberikan paduan yang disebut sebagai BizTalk Framework, yang menjelaskan bagaimana mempublikasikan skema (standard data structure) ke dalam XML, dan bagaimana menggunakan XML messages untuk mengintegrasikan bermacam-macam aplikasi.

Microsoft adalah salah satu Leader untuk B2B

 

image

Menurut Gartner, Microsoft sebagai salah satu leader di pasar B2B, semakin kuat posisinya dengan cara :

  1. mengembangkan BizTalk Server 2006 R2 di area communicty management, enhanced EDI, dan metadata management technology yang diambil dari Covast, hasil akuisisi Microsoft
  2. Akselerator BizTalk server untuk industri-industri tertentu, seperti Health Level Seven (HL2) dan RosettaNet, bekerja sama dengan GXS, di mana pengguna BizTalk dapat mengatur seluruh komunitas B2B, termasuk external business partners yang terhubung langsung ke BizTalk atau yang tidak langsung melalui GXS Trading Grid
  3. Harga BizTalk sekitar US$ 35K sangat masuk akal untuk situasi ekonomi sulit seperti sekarang, apalagi terdapat beberapa edisi BizTalk server yang bisa disesuaikan dengan besar kecilnya perusahaan
  4. Microsoft memiliki solusi yang sangat lengkap untuk B2B, dan juga dijual melalui jaringan distributor, reseller, dan system integrator yang luas
  5. Sales dan Support yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Microsoft Developer Network, Technical Adoption Program, self-service support dan training

 

Sumber :

  1. http://mediaproducts.gartner.com/reprints/microsoft/vol3/article3/article3.html
  2. http://www.microsoft.com/biztalk/en/us/overview.aspx
  3. http://searchwindowsserver.techtarget.com/sDefinition/0,,sid68_gci214535,00.html
  4. http://www.eweek.com/c/a/IT-Infrastructure/Microsofts-BizTalk-Services-Simplify-SOA/

1 comment:

Dawud Tan said...

kalau ingin mendapat sertifikasi professional biztalk as2 dimana ya pak? terima kasih