Sunday, January 4, 2009

Latihan terbang bersama Microsoft Flight Simulator

Menjadi pilot tidak mudah. Pilot memerlukan fokus, tingkat kesadaran yang amat tinggi, kecerdasan, perhatian terhadap detail, keberanian, tekad, semangat belajar, kesehatan yang baik, dan UANG…

Pilot harus mengerti mengenai banyak hal, mulai dari fisika penerbangan, navigasi, cuaca, mesin pesawat, jenis pesawat, aturan penerbangan, dan sebagainya. Selain ketrampilan untuk mengambil keputusan yang sangat baik di saat kritis, juga diperlukan tingkat kesehatan yang baik dan lulus uji berbagai macam test tertulis dan praktek.

Oleh karena itu banyak pilot memulai pelatihan sejak usia sangat dini, beberapa pilot malah mulai dari usia belasan tahun.

Sekarang ini, usaha menjadi pilot sudah jauh lebih mudah (dan MURAH) karena komputer memungkinkan kita untuk berlatih menerbangkan pesawat besar dan mahal melalui software yang bisa dipasang di rumah. Misalnya adalah Microsoft Flight Simulator X yang sangat canggih.

  image

Begini rasanya berada di dalam kokpit Boeing 747-300

image

Terbang di atas pegunungan Alpine pada saat musim dingin…

image

Di kota New York di sekitar patung Liberty….

image

Melayang di atas downtown Chicago (salah satu kota paling indah menurut saya di Amerika) …

Dipergunakan di DoD (Departemen Pertahanan Amerika Serikat)

Menurut penelitian yang dilakukan oleh DoD, setiap murid pelatihan Pilot yang menggunakan Microsoft Flight Simulator memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dibanding yang tidak menggunakan simulator tersebut. Program simulator ini dimasukkan ke dalam bahan pelajaran dan sangat disarankan untuk diambil setiap calon pilot.

image image

Simulator ini memungkinkan pada siswa untuk mempelajari prosedur dasar seperti bekerja menggunakan kontrol di kokpit dan navigasi sebelum mereka masuk ke pesawat yang sebenarnya.

Simulator berbasiskan PC ini memang tidak bisa menggantikan sepenuhnya fungsi-fungsi dari simulator pesawat yang canggih tersebut. Namun dikarenakan harga yang sangat murah, simulator ini sangat menarik sebagai alat bantu di dalam kelas.

Jika anda punya hobi terbang sebagai pilot di kala senggang, flight simulator ini bisa juga dipasang di rumah untuk mengasah ketrampilan anda.

Buku paduan latihan

image

Ada juga buku paduan berjudul 'Microsoft Flight Simulator as a Training Aid' oleh Bruce Williams, yang bisa digunakan oleh siapapun, mulai dari pemula sampai pilot yang berpengalaman :

  • Siswa dapat menggunakan buku ini untuk membantu proses belajar, mengerti konsep-konsep dan ketrampilan dasar sebagai persiapan sebelum mengambil pelajaran terbang yang sebenarnya
  • Pilot bersertifikasi, dapat mengasah dan meningkatkan ketrampilannya dalam menerbangkan pesawat, dan juga mempelajari pesawat-pesawat bermacam-macam model
  • Pelatih, dapat menggunakan Microsoft Flight Simulator sebagai alat bantu mengajar di kelas, maupun sebelum dan sesudah latihan terbang
  • Para penggemar pesawat terbang akan bisa belajar terbang di dunia virtual

Cover Image

Buku di atas ini adalah Microsoft Flight Simulator X for Pilots Real World Training, oleh Jeff Van West dan Kevin Lane-Cummings, dua orang instruktur terbang bersertifikasi. Buku ini mengajarkan cara terbang menggunakan pilot rating seperti di dunia nyata, mulai dari pelatihan pilot olah raga, pilot pribadi, kemudian instrument rating, pilot komersial, dan pilot pengangkutan. Berbagai ketrampilan diajarkan, mulai dari menggunakan Microsoft Flight Simulator, dan bagaimana menggunakan software ini untuk membantu mendapatkan lisensi pilot. Juga diajarkan topik yang maju, seperti bagaimana Microsoft Flight Simulator digunakan untuk mensimulasikan keadaan emergensi yang sebenarnya…

Demo Software

Demo software buatan Microsoft ini bisa didownload secara gratis di sini.

Demo ini berisi dua airport, dua misi, dan tiga jenis pesawat yang berbeda. Lokasi misi di St. Maarten di Karibia.

Referensi

  1. Military Aviators Practice With Microsoft Flight Simulator
  2. Flight Simulator as a Training Aid by Bruce Williams
  3. Flight Simulator in Aviation Training
  4. Microsoft ESP New Era in Visual Simulation
  5. Web Site Microsoft Flight Simulator

4 comments:

From Taman To Manhattan With Blog said...

Mau nanya,, program ini butuh koneksi internet nggak?? Kalo di GE kan ada flight simulator,, tapi untuk GE-nya sendiri harus ada koneksi internet untuk streaming gambar satelit.. Terus ini program apa game,, kok ada istilah expansion pack di FSX Accelaration.. Salam kenal dari Sidoarjo..

Abie Guitar said...

bro thaks ya sofrware yg aq download..
bgus bget..
cita2 dr kecil gk trcapai tp kni trcapai dlm PC ...
ada yg full versi gk???

D.KLanese said...

dimana saya bisa beli microsoft flight simulator yang original,soalnya kalau pakai bajakan/yang di download ga ada lisensi product key nya,sehingga hanya bisa main 35 menit dalam 1 kali game,susah kan ,thanks min.

Tony Seno Hartono said...

Coba di sini http://www.microsoftstore.com/store/msca/en_CA/list/ThemeID.27659600/categoryID.58298800