Wednesday, January 9, 2008

Hidup di Dunia yang Serba Tidak Aman

"Satu satunya kepastian adalah ketidakpastian, dan satu-satunya keamanan adalah mengetahui bagaimana caranya hidup dengan ketidakamanan" -- John Allen Paulos

John tahu betul bagaimana menggambarkan dunia kita saat ini.

Abad ke-21 ditandai dengan interkoneksi antara bisnis, pemerintah dan individu. Interkoneksi yang luar biasa ini selain sangat menguntungkan dari sisi ekonomis dan sosial, juga memunculkan banyak resiko2 baru. Teknologi Internet dan Networking memungkinkan orang2 untuk bekerja, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan cara yang sebelumnya tidak terpikirkan. Dunia serba tersambung seperti ini juga memunculkan sisi-sisi gelap di mana seseorang yang tersambung dengan Internet artinya juga berpotensi untuk mengacaukan pemerintah, ataupun seluruh dunia industri yang bisa menyengsarakan kehidupan jutaan orang.

Kenyataan menyadarkan kita bahwa tidak selamanya hidup di abad informasi menyenangkan.

"Knowledge is Power" -- Francis Bacon

Secara teknologi, banyak hal yang bisa diterapkan untuk membuat suatu infrastruktur yang sangat aman. Namun ada satu sisi yang terkadang dilupakan, yaitu sisi Manusianya. Di dalam dunia network security ada kata2 mutiara "tingkat security suatu network hanya sebaik titik yang paling lemah di network tersebut"

Faktor manusia adalah salah satu faktor yang sering dilupakan.

Kelemahan manusia banyak sekali : kebodohan, keteledoran, ketidaktahuan, keserakahan, ambisi, impian, dan lain-lain.

Ya, manusia adalah mahluk yang bebas dengan pikiran dan kemauannya sendiri. Btw., oleh karena itu ada dogma, norma, adat istiadat, kebudayaan, tata-cara, dan sebagainya untuk membatasi gerak-gerik manusia supaya lebih predictable dan 'lurus'.

Marilah kita bersama-sama membangun dunia baru yang aman dengan teknologi, ilmu dan hati nurani.

2 comments:

amircool said...

setuju. btw, bagaimana untuk membuat manusia tidak menjadi ancaman utama dalam sebuah jaringan? :D

Tony Seno Hartono said...

Manusia adalah satu mata rantai di dalam sistem IT/Network. Cara mengamankan manusia adalah dengan implementasi bermacam2 teknologi (physical/logical) security yang diperkuat dengan aspek2 Hukum/Legal... (disamping norma2 umum yg berlaku)