Monday, December 17, 2007

WAAS & Deduplication: Penghematan bandwidth luar biasa untuk keperluan backup copy

Salah satu tantangan di Enterprise adalah membuat backup copy di site DRC (Data Recovery Center) yang selalu updated. Masalahnya adalah proses pembuatan backup copy ini sangat bandwidth intensive. Tau sendiri kan bandwidth di Indonesia ini muahal banget ?

Untuk menghemat biaya WAN (Wide Area Network), bandwidth musti dikurangi dengan teknik data compression, protocol optimization, caching, dan redundancy elimination.

Cisco WAAS bisa digabungkan dengan solusi Data Domain sehingga akan terjadi penurunan pemakaian bandwidth secara besar-besaran.

Kedua solusi dari Cisco dan Data Domain itu saling melengkapi (komplemen).

WAAS
Cisco WAAS memberikan :
  • Application Specific Acceleration - WAAS mengenali beberapa aplikasi dan akan melakukan optimisasi di level aplikasi. Hasilnya adalah aplikasi bisa berjalan dengan sangat cepat di WAN seperti terhubung lewat LAN saja
  • Advanced Compression - semua duplikat data dihilangkan (efeknya adalah kompresi 100x), setelah itu semua dikompresi (sampai 5x). Jadi teoritis kompresi total adalah bisa mencapai 500x
  • Transport Optimization - protokol TCP/IP dioptimalkan dengan memainkan TCP window dan algoritma congestion management
Gambar di bawah menjelaskan cara kerja WAAS :


Optimalisasi Data Domain
Data Domain menggunakan cara deduplication untuk mengurangi bandwidth sampai 1/20x. Deduplication ini bisa dikombinasikan dengan WAAS untuk mencapai penghematan yang lebih besar lagi, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Peningkatan Throughput Data Domain + Cisco WAAS


Peningkatan response time Data Domain + Cisco WAAS

No comments: