Sunday, December 23, 2007

Router Cisco di Orbit Satelit

Sekedar informasi saja, bahwa Cisco Systems tidak hanya menguasai darat, laut dan udara, tetapi juga sampai orbit satelit. Mobile Access Router (MAR) 3251, salah satu router mini Cisco, telah mengorbit sejak tahun 2002. MAR bukan router pesanan khusus, melainkan router biasa yang bisa dipakai di mana saja. Bedanya dengan router biasa adalah bentuknya kecil, kompak, ringan, dan sangat hemat daya. Dan - bisa bekerja di temperature range yang sangat ekstrim (-35 sampai +60 derajat Celcius).


Ini bentuk routernya, dibandingkan dengan bolpen (Cisco juga bikin bolpen loh)...

Kesuksesan ini membuat kalangan militer Amerika berencana melemparkan Cisco router ke orbit geostasioner untuk keperluan sipil dan militer pada tahun 2009 nanti.

Foto kebakaran hutan di California, diambil dari CLEO menggunakan Cisco router (diambil 28 oktober 2003).


Foto Dubai dari satelit...



Router ini juga dipasang di Indy Car Red Bull, untuk keperluan WiFi, VoIP, secure telemetri, voice, video di dalam kendaraan selama pertandingan.


Sampai saat ini sudah ada 5 satelit yang diluncurkan ke orbit dengan Cisco router. Router menggunakan file transfer berbasis IP/UDP utk mengirimkan gambar ke bumi.

Selain dari pemakaian di satelit, router ini juga dipakai pada kendaraan militer Amerika, dan kendaraan2 umum (spt bus, kereta api, kapal laut, sampai pesawat terbang) untuk keperluan macam2 (misalnya always connected, location services, multimedia, video surveillance, dll).

Router ini tersedia untuk umum (seperti router biasa), artinya kalau anda mau mobil keren, nggak usahlah beli ferrari segala, mobil biasa saja sudah hebat kalau dipasangi router ini. Paling tidak berasa nyetir Indy car (atau naik satelit)...

Hanya saja biar kelihatan orang, anda pasang di kaca belakang, samping, dan atap "Cisco Router Onboard" atau "CLEO router onboard" atau terserah andalah...

No comments: