Friday, December 28, 2007

[Future] Mobil Cerdas masa Depan


Mobil masa sekarang
Saya punya mobil yang lumayan canggih. Setiap kali saya pergi ke bengkel untuk maintenance (selama ini cuma ganti oli saja, belum pernah rusak sama sekali), bengkel selalu menancapkan komputernya ke sebuah soket di mobil saya untuk mengetahui apa2 saja yang perlu diperbaiki.

Komputer di bengkel itu lalu melakukan analisa, dan hasilnya segera ketahuan, apa saja komponen yang kira2 perlu diganti (misalnya kampas rem). Mekanik di bengkel tersebut kayaknya nggak banyak mikir, dia percaya saja sama komputernya itu.

Kalau ditanya kenapa kampasnya perlu diganti, dia akan bilang, kampas remnya sudah agak tipis menurut komputer ini, dan umurnya tinggal sekian bulan lagi.

Menurut mekanik bengkel itu, kalau mobil saya bekas tabrakan, komputer di bengkel itu juga akan tahu, karena mobil saya ini dilengkapi banyak sensor dan jika ada bagian yang tertabrak, recordnya akan terdapat di komputer mobil, dan informasi ini diberitahukan ke komputer bengkel.

Mobil yang cerdas
Saya pikir2, kalau semua data ada di mobil saya, dan komputer di luar cuma sekedar mengaksesnya, kenapa mobilnya tidak diperlengkapi sedikit kemampuan lagi supaya mobil saya bisa cerita ke saya langsung mengenai apa2 saja yang perlu diperbaiki.

Kalau saya bisa tambahkan sebuah komputer mikro (misalnya semacam UMPC - Ultra Mobile Personal Computer yg bisa berfungsi sbg GPS, Video, Audio entertainment segala) dengan tambahan WiFi, maka setiap kali saya tiba di rumah dari bepergian, mobil akan terhubung ke sistem wireless di rumah saya, dan mobil akan terhubung ke Internet melalui access point saya yang di rumah. Dan mobil akan melakukan upload data ke secured web site di internet.

Setelah data selesai di upload, komputer akan mati sendiri untuk menghemat batere mobil.

Bisnis Baru
Nah ini membuka bisnis baru, di mana ada provider di internet yang melakukan analisa atas semua mobil yang ada di dunia ini dan dapat memberikan rekomendasi akan kerusakan/pemeliharaan apa saja yang diperlukan mobil2 tersebut.

Rasanya saya sih mau bayar untuk servis yang begituan.

Untuk yang tidak mau bayar, kita sebagai pemilik mobil juga akan dapat mengakses data di web site mobil tersebut, dan di situ pemilik bisa melihat histori atau isi log apa yang dialami mobil tersebut, dan kira2 apa yang diperlukan mobil tersebut, misalnya apakah olinya perlu ditambah dan lain2....

Dan pemilik mobil nanti punya pilihan apakah mau betulin sendiri (dengan petunjuk2 HOWTO dari web tersebut) atau mau panggil montir. Montirnya sendiri bisa direkomendasikan dari situs web tadi.

Solusi masa kini
Kebetulan semua yang saya bayangkan tadi bisa diwujudkan dengan mudah sekarang :
  • instalasi di mobil, pakai saja Mac Mini (ini komputer berukuran sangat kecil dan cukup lengkap dan murah) sebagai otaknya
  • pasang broadband network dengan access point di rumah
  • setup portal untuk maintenance mobil dengan data base HOWTO yang lengkap (beginian ada yang jual dalam bentuk CD/DVD) mengenai semua mobil. Tinggal dibuat sedikit program untuk menerima log dari Mac Mini, dan menterjemahkannya ke dalam HOWTO
  • sisanya tinggal para pemilik bengkel mobil yang mau menangani bisnis beginian, tinggal pasang broadband network dg access point, dan subscribe ke portal mobil tadi. Sebagai bengkel, tinggal tunggu pesanan saja otomatis akan datang dari portal tadi....

1 comment:

Anonymous said...

tolong pasangin di mobil gw donk