Tuesday, December 25, 2007

[Future] Bengkel Asyik dengan Hot Spot

Kebetulan tadi habis dari supermarket saya ke bengkel untuk cuci mobil. Nggak tahu nih, Natalan kayaknya Jakarta jadi sepi banget, saya cuma satu2nya pasien sore itu (oh, mungkin juga sudah kesorean)....

Bengkel ini namanya "Snow Wash", cuma untuk cuci mobil. Lokasi kebetulan dekat rumah saya di kompleks Beautiful Lodge...

Nggak tau kenapa namanya show wash, mungkin nyucinya pake salju... (belakangan baru tau bahwa itu cara nyuci pake mesin supaya busanya banyak kayak salju - gitu loh)

Namanya nyuci, pasti perlu waktu. Sambil nunggu, banyak ide2 liar berlompatan di kepala saya yang langsung saya rekam di smartphone saya...

Seandainya ini bengkel kepunyaan saya, saya akan siapkan fasilitas hot spot untuk para tamu. Hot Spot ini bisa kerja sama dengan ISP semacam IM2 (mereka ini agresif sekali untuk urusan beginian)....

Hot spot bisa menjadi ladang tambahan dan meningkatkan kepuasan pelanggan :
  • Jualan kartu prepaid untuk internet
  • Kerjasama roaming dengan ISP lain supaya user2nya bisa roaming ke tempat kita
  • Status kerjaan cuci mobil bisa diupdate lewat web, sehingga pelanggan bisa meninggalkan mobilnya dan bisa cek status lewat web/email/pda-nya
  • Pasang web cam, pelanggan bisa melihat mobilnya sedang diapain lewat remote
  • Jualan makanan dan minuman saya lebih laku, karena pelanggan bisa pesan makan/minum sambil browsing
  • Ada ruangan kosong di bengkel bisa untuk ruang kerja sementara (misalnya balas2 email sambil conf call - ini kerjaan sangat normal di Cisco tempat saya kerja)
  • Ruangan kosong itu kalau bisa dibuat agak gelap & sejuk, bisa juga untuk tempat pijat refleksi. Kaki dipijat sambil balas2 email & conf call.... enak banget kerja kayak gini :p
Untuk bikin begituan saya cuma perlu pasang satu router kecil serba guna (merangkap access point) dengan fasilitas koneksi 3G atau 3.5G atau bisa juga broadband router via kabel atau ADSL.... semua sudah ada, tinggal cari siapa provider yang available di situ dan pilih produk routernya.

2 comments:

Anonymous said...

Mas Tony,
Dah bukan mimpi lagi tuh bengkel yang kaya gitu, kebetulan didekat rumah saya ada bengkel cuci mobil juga namanya "Axxxxx"

Waktu itu pas mobil baru dipakai pulang dari luar kota, biasalah kotor banget. Iseng-iseng saya tanya berapa harga cuci + Interior.
Yang bikin surpise adalah:
diruang tunggu ada:
- Hotspot untuk yang sudah jadi member bengkel, kalau belum member bayar (ok lah, bisa klaim kantor kali untuk orang Cisco)
- Bangku pijat dengan listrik - sayang waktu itu operatornya pas cuti.
- Minuman dingin, botol pertama free (wah ini si biasa kayanya)

Mudah-mudahan jadi free yah akses internetnya.

Anonymous said...

Halo semuanya,..
harus jadi member untuk nikmatin hotspot?harus bawa sendiri laptopnya juga?
di tempat kami bebasssssssssss!!!mau pake internet di PC?GRATISSS!!mau HOTSPOT Wifi?GRATISSSSSS!!!!
CUCI SALJU MOTOR! cuma 5000 perak ajah,..CUCI MOBIL SNOW WASH 10000 perak ajah,.(Mumpung lagi promosi banget!)tapi seterusnya HOTSPOT maupun INTERNET GRATSISNYA,.yah tetep Gratis,.dan bebas untuk semua konsumen,.Jika anda berdomisili di area Jakarta selatan dan Tangerang (khususnya Ciputat) silahkan datang dan kunjungi bengkel kami.